Qualcomm makin serius hadirkan prosesor untuk perangkat audio

Pabrikan termasuk Denon, Sonos dan Yamaha telah menggunakan prosesor audio Qualcomm untuk produk mereka.

Qualcomm makin serius hadirkan prosesor untuk perangkat audio

Qualcomm dikabarkan akan menghadirkan speaker nirkabel dengan kualitas suara lebih baik dan lebih pintar berkat chipset seri QCS400. System-on-chip (SoC) baru ini nantinya akan hadir di speaker pintar, soundbar dan AV reciever generasi berikutnya dari vendor-vendor terkemuka.

Dilansir dari Audioholics (5/6), kami dan perusahaan lainnya sangat memperhatikan kualitas suara. Seri QSC mengemas fitur-fitur seperti Dolby Atmos, aptX, audio beresolusi tinggi dan dukungan amplifier digital DDFA. Seri baru ini juga menawarkan banyak jalur konektivitas melalui WiFi dan Bluetooth 5.1 dan mesin AI mutakhir baru yang menurut Qualcomm akan membuat para desainer lebih kreatif dengan perangkat suara generasi mendatang.


BACA JUGA

Bocoran hasil benchmark Snapdragon 865, calon chipset flagship baru

Snapdragon 855 dapat sertifikasi keamanan setara kartu kredit

Monopoli Qualcomm, dalang harga mahal smartphone selama ini


Chipset tersebut menyertakan model QSC403, QSC404 dan QSC405 yang dirancang untuk asisten pintar, speaker pintar dan soundbar atau speaker nirkabel. Prosesor dual-core ini akan meningkatkan noise reduction yang lebih baik. Mereka juga memiliki efisiensi daya tinggi agar dapat menawarkan waktu mendengarkan musik lebih panjang.

Seri prosesor high-end adalah QSC407 quad-core dengan kecepatan clock DSP 1,4 GHz yang dirancang untuk speaker nirkabel, soundbar dan AV receiver. Chip set ini mendukung Dolby Atmos, DTS-X dan teknologi adaptif aptX serta menawarkan audio 32-channel. Seperti pada seri 400, QSC407 juga dirancang dengan konsumsi daya rendah untuk memperpanjang masa pakai perangkat.

Seluruh lini 400 mendukung chip amplifier digital DDFA dari Qualcomm dan engine AI. Prosesor ini diciptakan untuk menghadirkan fleksibilitas bagi perancang sistem yang ingin menggabungkan fitur audio, konektivitas dan membuka kemungkinan apapun yang dengan teknologi baru untuk produk dan ekosistem gadget generasi berikutnya.

Chip Qualcomm baru ini dikabarkan akan terlihat dalam peluncuran produk pada kuartal 3 2019. Pabrikan termasuk Denon, Sonos dan Yamaha telah menggunakan prosesor audio Qualcomm untuk produk mereka. Qualcomm mengatakan peningkatan audio adalah titik fokus dalam desain chip baru karena pasar terus tumbuh.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: