sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Senin, 13 Mei 2024 12:07 WIB

Qualcomm percepat Chipset Snapdragon 8 Gen 4 untuk bisa bersaing dengan Chip Apple M4 di Galaxy S25 Ultra

Chipset Snapdragon 8 Gen 4 yang akan datang direncanakan akan menggunakan proses produksi node 3nm generasi kedua (N3E) dari TSMC, seiring dengan chip M4 Apple yang sama.

Qualcomm percepat Chipset Snapdragon 8 Gen 4 untuk bisa bersaing dengan Chip Apple M4 di Galaxy S25 Ultra

Dalam sebuah langkah strategis yang menarik, Qualcomm telah mengumumkan rencana ambisius untuk meningkatkan kinerja chipset Snapdragon 8 Gen 4 yang akan menjadi andalan dalam Galaxy S25 Ultra. Keputusan ini muncul sebagai respons terhadap kehadiran impresif chip terbaru Apple, M4, yang berhasil memecahkan rekor dalam skor benchmark single-core.

DIkutip dari Phone Arena (13/5), berdasarkan laporan yang berasal dari sumber internal Qualcomm dan dikutip oleh @jasonwill101 melalui Wccftech, perusahaan tersebut sedang merancang ulang chipset Snapdragon 8 Gen 4 dengan meningkatkan kecepatan clock-nya dari 4GHz menjadi 4.26GHz. Langkah ini dipandang sebagai upaya yang berani untuk menantang dominasi yang telah lama dipegang oleh chip Apple di pasar high-end.

Chipset Snapdragon 8 Gen 4 yang akan datang direncanakan akan menggunakan proses produksi node 3nm generasi kedua (N3E) dari TSMC, seiring dengan chip M4 Apple yang sama. Namun, perlu dicatat bahwa chipset Qualcomm ini tidak akan dilengkapi dengan Scalable Matrix Extension (SME), yang telah menjadi salah satu faktor utama dalam keunggulan kinerja chip Apple.

Penambahan kecepatan clock pada chipset Snapdragon 8 Gen 4 dipandang sebagai strategi yang cerdas untuk mengatasi tantangan yang dihadapi. Meskipun begitu, masih ada pertanyaan yang menggantung mengenai sejauh mana peningkatan ini akan mampu menyaingi keunggulan yang dimiliki oleh chip Apple M4.

Diharapkan bahwa proses redesain chipset Snapdragon 8 Gen 4 akan selesai pada bulan Juni, sehingga tepat waktu untuk pengungkapan selengkapnya dalam acara Snapdragon Summit yang dijadwalkan pada bulan Oktober. Chipset ini diantisipasi akan menjadi komponen kunci dalam upaya Samsung untuk bersaing secara ketat di pasar global smartphone high-end dengan Galaxy S25 Ultra. Kita tunggu informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan kinerja chipset Snapdragon 8 Gen 4 yang telah ditingkatkan ini pada acara tersebut.

Share
×
tekid
back to top