Menkominfo : Peresmian Palapa Ring Timur tinggal tunggu momentum

Menkominfo Rudiantara mengisyaratkan bahwa Palapa Ring Timur akan segera dilakukan dan sedang menunggu momentum yang tepat.

Menkominfo : Peresmian Palapa Ring Timur tinggal tunggu momentum Menkominfo Rudiantara

Pemerintah Indonesia terus kebut pembangunan jaringan komunikasi Palapa Ring, terutama Palapa Ring Timur. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua masyarakat Indonesia dapat mendapatkan layanan internet terbaik.

Baru-baru ini, Menkominfo Rudiantara memastikan bahwa Palapa Ring Timur sudah rampung. Dia mengatakan, rampungnya Palapa Ring Timur sudah terlaksana pada akhir Agustus silam.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Indosat Ooredoo gandeng Facebook edukasi pengguna baru di internet

Diresmikan presiden, Palapa Ring resmi beroperasi

Peretas Rusia serang Chrome dan Firefox untuk lacak lalu lintas internet


“Kita sudah melakukan uji coba jaringan dengan melakukan panggilan dari Nunukan, Kalimantan Utara ke Asmat, dan Papua,” kata Rudiantara saat ditemui tim Tek.id di Tangerang (13/9/2019).

Saat ditanya mengapa pemerintah belum melakukan peresmian Palapa Ring Timur, Rudiantara pun mengisyaratkan bahwa pihaknya sudah siap untuk melakukan peresmian dalam waktu dekat ini.

“Kita tinggal menunggu momentum yang tepat saja,” katanya sembari tersenyum.

Seperti diketahui, pemerintah membagi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia menjadi tiga paket. Ketiga paket tersebut adalah Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Palapa Ring Barat sudah selesai sejak Maret 2018 yang menjangkau Riau, Kepulauan Riau hingga Pulau Natuna sepanjang 1.730 kilometer di laut dan 545 kilometer di darat. Begitu juga Palapa Ring Tengah, yang meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara. Sedangkan Palapa Ring Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara, Maluku, Papua Barat dan pedalaman Papua.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: