sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Senin, 27 Mei 2024 16:09 WIB

Google luncurkan fitur baru: Pengguna Android bisa meminta teman atau keluarga bayarkan aplikasi

Tautan pembayaran ini berlaku selama 24 jam dan orang yang diminta untuk membayarkan harus mengetahui alamat email pengguna secara lengkap dan benar.

Google luncurkan fitur baru: Pengguna Android bisa meminta teman atau keluarga bayarkan aplikasi

Pada ajang Google I/O awal bulan ini, Google mengumumkan inovasi terbaru yang akan mempermudah pengguna Android dalam melakukan pembelian aplikasi dan pembelian dalam aplikasi. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk meminta teman atau anggota keluarga untuk membayarkan aplikasi berbayar atau pembelian dalam aplikasi.

Ketika pengguna memutuskan untuk membeli aplikasi atau melakukan pembelian dalam aplikasi, mereka akan melihat halaman "Pilih cara pembayaran" saat checkout. Di bagian bawah halaman ini akan muncul opsi baru yang bertuliskan "Minta orang lain untuk membayar." Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat membuat tautan pembayaran yang kemudian dikirimkan melalui pesan teks atau email kepada teman atau anggota keluarga pilihan mereka.

Dikutip dari Phone Arena (27/5), tautan pembayaran ini berlaku selama 24 jam. Orang yang diminta untuk membayarkan harus mengetahui alamat email pengguna secara lengkap dan benar. Teman atau anggota keluarga yang membayarkan akan menerima rincian mengenai nama aplikasi yang dibeli dan memiliki hak untuk meminta pengembalian dana sesuai dengan kebijakan yang berlaku, yaitu dalam waktu 48 jam setelah pembelian.

Pesan otomatis yang dikirimkan kepada teman atau anggota keluarga akan mencakup tautan pembayaran, nama aplikasi, dan harga aplikasi atau pembelian dalam aplikasi tersebut. Isi pesan yang akan diterima berbunyi: "Hai! Saya ingin membeli [nama aplikasi] oleh [nama pengembang] seharga $XX.XX. Bisakah Anda membelikannya untuk saya melalui Google Pay? Berikut tautan pembayarannya: [tautan pembayaran]."

Google akan memulai peluncuran fitur ini di India. Jika uji coba ini berhasil, fitur ini akan diperluas ke pasar-pasar lain di seluruh dunia. Fitur ini menimbulkan beragam tanggapan dari pengguna. Beberapa mungkin merasa malu atau enggan menggunakan fitur ini karena dianggap memalukan, terutama jika harga aplikasi yang diminta cukup tinggi. Namun, Google yakin bahwa fitur ini akan memberikan manfaat signifikan bagi pengguna yang memerlukan bantuan finansial dalam melakukan pembelian aplikasi.

Share
×
tekid
back to top