sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Selasa, 31 Okt 2023 17:49 WIB

Pengertian IMAX Enhanced, nonton di rumah jadi super imersif

Apa itu IMAX Enhanced? Semua yang perlu kita ketahui tentang format bioskop rumah terbaru dari IMAX dan DTS.

Pengertian IMAX Enhanced, nonton di rumah jadi super imersif

IMAX atau Image Maximum adalah format layar bioskop yang mampu menampilkan gambar dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar dari ukuran layar bioskop pada umumnya, yaitu 22 meter. Oleh karena itu, kita tidak bisa memasukkan bioskop IMAX ke dalam ruang tamu atau ruang apa pun di dalam rumah.

Dengan demikian, di sinilah IMAX Enhanced berperan. Dilansir dari Stuff (31/10), standar teknologi baru ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman layar IMAX yang sangat besar ke rumah kita melalui layanan video streaming. Pertama kali diumumkan pada tahun 2018, teknologi ini dikembangkan bersama pakar audio DTS. Film dan TV dapat disesuaikan atau di-remaster di IMAX Enhanced untuk memberikan pengalaman gambar terbaik.

Jika suatu perangkat atau layanan menampilkan logo IMAX Enhanced, itu berarti perangkat atau layanan tersebut memenuhi standar kualitas ketat yang ditetapkan oleh IMAX. Artinya, pengguna akan mendapatkan gambar yang lebih jernih dan terang dengan noise yang lebih sedikit, ditambah suara yang imersif, berkat pesaing Dolby Atmos, DTS:X.

Mungkin keunggulan format ini yang paling menonjol adalah aspect ratio-nya yang mencapai 1,90:1. Ini adalah perubahan pintar antara 1,43:1 yang biasa kita dapatkan di layar bioskop IMAX, dan dimensi layar lebar 16:9 di TV.

Aspect ratio yang berukuran super berarti pengguna akan mendapatkan gambar hingga 26% lebih banyak di layar, mengurangi bilah hitam di bagian atas dan bawah gambar, dan melakukan lebih banyak aksi. Pada dasarnya, kita melihat sesuatu ketika pembuat film menciptakannya untuk penonton bioskop IMAX.

Cara menikmati IMAX Enhanced

Kabar baiknya adalah secara teknis kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli perangkat baru untuk mendapatkan manfaat dari IMAX Enhanced. Ini seharusnya berfungsi di TV mana pun, tetapi televisi 4K HDR yang lebih besar akan menampilkan pengalaman terbaik.

Namun meskipun kita pasti akan mendapatkan gambar yang lebih baik, kita tidak akan mendapatkan pengalaman penuh, termasuk audio yang imersif, kecuali memilih perangkat bersertifikasi IMAX Enhanced. Namun, semua perangkat mendukung Disney+ seharusnya mendukung bagian aspect ratio yang diperluas.

Sejauh ini, hanya ada sedikit pilihan perangkat keras yang memiliki sertifikasi persetujuan penuh IMAX Enhanced. Ini termasuk TV dari Sony, TCL dan Hisense, speaker dari Polk dan Philips, serta AV receiver dari Onkyo dan Denon. Kita dapat menemukan daftar lengkap perangkat mana yang mendukung format tersebut di situs web IMAX.

Kita dapat melihat IMAX Enhanced di sejumlah kecil layanan streaming di seluruh dunia termasuk Sony Bravia Core, Tencent, dan Rakuten TV, tetapi berita besarnya adalah kehadirannya di Disney+. Standar baru ini juga hadir pada cakram Blu-ray Ultra HD.

IMAX Signature Sound

IMAX Enhanced dikonfigurasi untuk mendapatkan “suara khas IMAX oleh DTS” yang imersif di masa mendatang. Suara IMAX Enhanced akan dibangun di atas DTS:X, saingan utama Dolby Atmos, yang menghasilkan suara tiga dimensi serupa. Saat ini hanya ada sedikit perangkat keras audio tersertifikasi, tetapi diharapkan berharap akan ada lebih banyak perangkat keras audio yang bermunculan di masa mendatang.

Konten IMAX Enhanced

IMAX bekerja sama dengan Marvel Studios, Paramount Pictures, dan Sony Pictures untuk memproduksi konten IMAX Enhanced. Jadi meskipun jumlah pilihannya saat ini masih sedikit, diperkirakan jumlah tersebut akan mulai bertambah dalam waktu dekat.

Saat ini, Disney+ adalah tempat terbaik untuk kebutuhan IMAX Enhanced. Layanan streaming ini meluncurkan jajaran awal 13 judul Marvel yang menampilkan standar baru, dan lebih banyak lagi yang akan ditambahkan di masa mendatang.

Sebagian dari film tersebut, keseluruhan filmlah yang dikuasai untuk memanfaatkan aspect ratio yang diperluas, dan bagi sebagian lainnya, itu hanya urutan tertentu. Untuk daftar lengkap konten IMAX Enhanced, kunjungi situs web IMAX.

Cara menikmati IMAX Enhanced di Disney+

Jika sudah ada yang menjadi pelanggan Disney+, menemukan film IMAX Enhanced untuk ditonton sangatlah mudah. Langsung saja ke tab Film di bagian atas layar beranda lalu pilih IMAX Enhanced dari daftar filter drop-down dan semua judul yang tersedia akan muncul.

Semua judul akan diputar secara otomatis tetapi pengguna dapat kembali ke layar lebar standar jika mau. Cukup buka tab 'Versi' – di samping tab 'Ekstra' dan 'Detail' yang disarankan' - di mana pengguna dapat memilih antara IMAX Enhanced dan Widescreen.

Share
×
tekid
back to top