Panasonic punya layar OLED transparan

Purwarupa layar OLED transparan itu adalah hasil dari kerjasama antara Vitra dan Panasonic menggabungkan keindahan desain furnitur dan teknologi terkini.

Panasonic punya layar OLED transparan Source: Panasonic via New Atlas

Panasonic baru saja mengenalkan konsep layar OLED transparan. Panel layar berbasis teknologi organik tersebut terpasang sebagai salah satu instalasi Salone del Mobile dari merek furnitur asal Swiss Vitra. Dilansir dari New Atlas (12/4), OLED transparan ini tampak seperti kabinet kaca, konsep ini merupakan yang pertama kali dari sejumlah teknologi baru dapat diintegrasikan ke dalam rumah modern.

Purwarupa layar OLED transparan itu adalah hasil dari kerjasama antara Vitra dan Panasonic yang menggabungkan keindahan desain furnitur dan teknologi terkini untuk mengintegrasikan perangkat audio visual ke hunian masyarakat modern.


BACA JUGA

Panasonic bakal hadirkan mirrorless beresolusi 8K

Panasonic punya SSD tahan banting

Laptop Panasonic Toughbook 31 tawarkan daya baterai hingga 29 jam


Konsep ini digagas oleh desainer Skandinavia, Daniel Rybakken dan desainer Panasonic Design Kyoto. Ketika sedang tidak aktif, layar akan menampilkan panel kaca dengan bingkai kayu, tetapi panel akan berubah menjadi menakjubkan ketika dihidupkan.

Selain bagian depan, semua komponen listrik lainnya telah disembunyikan di dalam bingkai. Hal ini memungkinkan komponen tersebut berfungsi juga sebagai dudukan layar. Layar OLED juga dapat memberikan pencahayaan untuk ruangan sekitar.

Untuk saat ini layar OLED transparan belum akan dijual secara bebas. Panasonic mengatakan mereka menerima segala masukan dengan maksud untuk memproduksinya di masa mendatang.

Layar transparan memang bukan hal yang baru. Ada beberapa pabrikan yang juga sudah mengenalkannya, salah satunya adalah LG. Tetapi perusahaan asal Korea Selatan tersebut menghadirkannya dalam bentuk LCD, bukan OLED. Sebagai informasi, layar OLED memiliki kualitas warna dan kontras lebih baik dibandingkan dengan LCD berbasis LED.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: