Pabrik Foxconn di India bakal rakit iPhone generasi terbaru

Pihak Foxconn saat ini diketahui sudah memiliki dua pabrik di India untuk melakukan perakitan smartphone Xiaomi dan Nokia.

Pabrik Foxconn di India bakal rakit iPhone generasi terbaru Ilustrasi iphone XR (Pexels)

Selama ini, beberapa perangkat Apple seperti iPhone dan lain diproduksi oleh pihak ketiga, yakni Foxconn. Mereka melakukan perakitan perangkat tersebut di salah satu pabrik mereka di China.

Namun, belakangan ini dikabarkan bahwa perusahaan tersebut akan membuka lokasi perakitan terbaru di Amerika. Hal ini mereka lakukan akibat imbas peraturan yang diberlakukan oleh Presiden Amerika saat ini, Donald Trump.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

iPhone 11 ternyata hanya pakai RAM 4GB

A13 Bionic di iPhone 11 kalahkan kecepatan Snapdragon 855+

iPhone 11 Series ternyata mendukung Reverse-Charging


Tapi, selain membangun pabrik di Amerika, Foxconn pun kabarnya akan melakukan perluasan pabrik di satu negara lain di Asia. Mereka kabarnya akan mulai memproduksi iPhone generasi terbaru di salah satu wilayah di India.

Ketua grup teknologi Foxconn, Terry Gou, telah membenarkan hal tersebut. Bahkan, dia dengan tegas mengatakan bahwa mereka akan memasuki tahapan perakitan iPhone mulai akhir tahun ini, seperti lapor Ubergizmo (16/4).

Gou pun menambahkan, dia telah diundang ke negara tersebut oleh perdana menteri India ketika Foxconn merencanakan ekspansi ke India. Ini akan menjadi perubahan signifikan bagi perakit perangkat Apple terbesar di dunia tersebut, karena selama ini mereka memusatkan perakitan perangkat tersebut di China.

"Di masa depan kami akan memainkan peran yang sangat penting dalam industri ponsel pintar India. Kami telah memindahkan lini produksi kami di sana," kata Gou.

Ternyata, bukan hanya model baru yang akan diproduksi di India. Mereka pun sudah mencoba memproduksi beberapa model saat ini di India.

Sekadar informasi, nama Foxconn sebenarnya sudah tak asing lagi di India. Mereka memiliki total dua lokasi perakitan di negara bagian Andhra Pradesh dan Tamil Nadu. Kedua lokasi ini dijadikan lokasi perakitan Xiaomi dan Nokia, untuk memenuhi konsumsi dalam negeri India.

Sedangkan untuk jalur perakitan iPhone, diperkirakan bahwa perangkat ini akan dijual bukan hanya di India saja. Melainkan pihak Foxconn akan melakukan pendistribusian perangkat ke seluruh dunia.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: