Oculus Rift S hadir berkat kerjasama dengan Lenovo

Perangkat VR baru diklaim akan terasa jauh lebih nyaman serta memiliki kedalaman resolusi 2560 x 1440 piksel.

Oculus Rift S hadir berkat kerjasama dengan Lenovo

Salah satu perusahaan yang menghadirkan perangkat virtual reality (VR), Oculus VR, mengumumkan headset Rift terbaru. Produk ini diinformasikan memiliki resolusi tinggi serta tidak memerlukan kamera eksternal karena sudah terintegrasi sistem tracking.

Dilansir dari The Verge (20/3), perangkat VR terbaru ini diberi nama Oculus Rift S yang sudah dirumorkan beberapa bulan lalu.


BACA JUGA

Ada pesan tersembunyi di kontroler Touch Oculus

VR Oculus generasi terbaru bakal dilengkapi kamera internal

Daya guna VR makin meluas ke dunia medis


Perusahaan tersebut mengatakan pengembangan Rift S melibatkan kemitraan dengan Lenovo. Oculus menyatakan kerja sama tersebut demi membantu mempercepat pembuatan dan memperbaiki desain Rift versi awal.

Dengan demikian perangkat VR yang baru diklaim lebih terasa nyaman dan meiliki resolusi 2560 x 1440 piksel (atau 1280 x 1440 piksel per mata). Tidak ketinggalan pula sistem tracking agar pengguna tidak memerlukan kamera untuk mengaktifkan gerakan seluruh tubuh.

“Ini akan menjadi pilihan, apakah Anda memiliki PC atau tidak, dan apakah Anda ingin membeli PC atau tidak,” kata Facebook and Oculus Vice President, Jason Rubin.

Menurut Rubin dan Nate Mitchell, kepala produk Oculus VR, setiap gim yang ada maupun gim yang akan dibangun pada platform Rift akan dapat dimainkan di Rift S. Perusahaan juga membenamkan fitur cross-buy dan cross-play agar pengguna dapat membeli Quest di kemudian hari. Selain itu, gim multi-player yang mendukung kedua platform akan memungkinkan pemain saling bermain.

Dalam hal desain, Rift S menampilkan brand Oculus dan Lenovo serta tali bergaya halo (halo-style) seperti headset PlayStation VR. Tali halo-style menjadikannya lebih nyaman serta memungkinkan pengguna memutar perangkat maju dan mundur menggunakan kenop di bagian belakang band. Tali atas membuatnya pas di kepala, sementara slider di bawah sisi kanan headset digunakan untuk mengatur lensa.

Agar dapat mencapai persyaratan spesifikasi minimum yang sama untuk VR tingkat PC, Oculus menurunkan kecepatan refresh rate pada Rift S dari 90 Hz menjadi 80 Hz. Ada dua gim eksklusif dari Oculus Studio yang hadir ke Rift S saat peluncuran: Argard’s Wrath dan Stormland. Banderol harga untuk Oculus Rift S adalah USD399 (Rp5,6 juta).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: