sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Selasa, 21 Nov 2023 14:01 WIB

Nvidia RTX 4090 dihapus dari situs web Tiongkok

Nvidia tampaknya telah sepenuhnya menghapus kartu grafis tersebut dari situs webnya di negara Tiongkok.

Nvidia RTX 4090 dihapus dari situs web Tiongkok

Seperti yang telah kita ketahui, pasar teknologi Tiongkok sedang bergejolak ketika berita larangan kartu grafis RTX 4090 menyebar dengan cepat. Sekarang, Nvidia tampaknya telah sepenuhnya menghapus kartu grafis tersebut dari situs webnya. Tindakan ini menimbulkan pertanyaan tentang ketersediaan dan pasokan kartu gaming yang banyak dicari ini di Tiongkok.

RTX 4090, yang dikenal dengan kemampuan pemrosesan grafisnya yang terbaik, adalah bagian dari seri GeForce RTX 40 Nvidia. Dilansir dari Gizmochina (21/11), hilangnya kartu grafis ini secara tiba-tiba dari situs resmi telah menimbulkan kegelisahan di kalangan gamer dan penggemar teknologi Tiongkok. Langkah ini dilakukan di tengah ketatnya pasokan di Tiongkok, yang disebabkan oleh kinerja tinggi kartu tersebut dalam aplikasi grafis.

Situasi ini diperburuk dengan pengendalian ekspor AS baru-baru ini, yang memberlakukan peraturan lebih ketat terhadap ekspor chip grafis canggih ke Tiongkok. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa RTX 4090 mungkin akan ditarik karena aturan baru ini. Menambah kekhawatiran, beberapa mitra perangkat keras utama Nvidia di Tiongkok juga telah menghapus RTX 4090 dari toko online mereka.

Terlepas dari tantangan ini, RTX 4090 tetap tersedia melalui platform e-commerce dan saluran tidak resmi, meskipun dengan harga yang melambung. Ketersediaan ini menunjukkan permintaan yang kuat terhadap produk tersebut, meskipun terhambat peraturan.

Menariknya, arti penting RTX 4090 lebih dari sekadar gaming di Tiongkok. Teknologi ini memainkan peran penting dalam mendukung aplikasi canggih seperti mengemudi otonom, dan menyoroti pentingnya teknologi ini di berbagai sektor teknologi. Namun, kekhawatiran utama di Tiongkok masih berkisar pada chip pusat data Nvidia, yang menghadapi masalah harga dan pasokan yang melonjak.

Menanggapi tantangan tersebut, Nvidia beradaptasi dengan mengembangkan GPU pusat data baru khusus untuk pasar Tiongkok. Pengiriman pertama GPU baru ini diharapkan terjadi pada akhir tahun ini.

Share
×
tekid
back to top