sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 12 Nov 2019 11:05 WIB

Nvidia RTX 3000 meluncur Juni 2020, perkenalkan arsitektur Ampere

Diketahui, Nvidia akan meluncurkan RTX 3070, RTX 3080, dan RTX 3080 Ti yang didasarkan arsitektur Ampere.

Nvidia RTX 3000 meluncur Juni 2020, perkenalkan arsitektur Ampere

Nvidia saat ini diduga sedang mempersiapkan diri untuk memperkenalkan inti GPU generasi berikutnya. Dikabarkan, GPU ini akan memiliki teknologi fabrikasi 7nm dan akan menjadi dasar dari arsitektur Ampere.

Mereka dikabarkan akan memperkenalkan arsitektur Ampere tahun depan, tepatnya di GTC pada akhir Maret mendatang. Menurut beberapa rumor yang beredar, CEO & co-founder NVIDIA Jensen Huang dikatakan tidak terlalu terburu-buru untuk membawa Ampere ke pasar terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan posisi penjualan GPU Turing saat ini lebih baik dari AMD, terutama di segmen high-end di mana RTX 2080 dan RTX 2080 Ti duduk tanpa perlawanan. AMD saat ini lebih fokus ke GPU mid-range dan low-end.

Namun, seiring kabar AMD sedang mempersiapkan GPU ray tracing "NVIDIA Killer" tahun depan, tim hijau bersiap-siap untuk mendahului tim merah. Hal inilah yang membuat Nvidia mendorong perkenalan Ampere pada awal 2020

Menurut analis Raymond James, Chris Caso, NVIDIA diduga mendorong mundur perkenalan Ampere beberapa bulan. Menurut Caso, NVIDIA berencana untuk memulai pengenalan Ampere dengan produk AI baru mereka yang berfokus pada pusat data, yaitu akselerator TESLA berbasis Ampere. 

Disisi lain, seorang pembocor mengatakan bahwa GPU GeForce RTX 3000 series yang didasarkan pada arsitektur Ampere akan menyusul beberapa bulan kemudian, lebih tepatnya di acara Computex 2020.

Meskipun sumber tersebut tidak merinci GPU apa saja yang akan diluncurkan, namun mereka menyebut bahwa yang akan diluncurkan adalah GPU high-end. Ini berarti, Nvidia akan meluncurkan RTX 3070 bersama dengan RTX 3080 dan RTX 3080 Ti.

Sayangnya, saat ini masih terlalu dini untuk memprediksi bagaimana kemampuan dari GPU tersebut. Namun, para penggemar berharap akan mendapatkan performa yang lebih baik dari jajaran GPU RTX saat ini.

Share
×
tekid
back to top