sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 04 Okt 2022 12:37 WIB

NVIDIA RTX 3060 jadi GPU paling populer untuk desktop dan mobile

Steam Hardware Survey (SHS) mencatat, produk NVIDIA RTX 3060 menjadi kartu grafis paling populer yang digunakan pada perangkat seluler maupun desktop.

NVIDIA RTX 3060 jadi GPU paling populer untuk desktop dan mobile

Seri NVIDIA RTX 3060 menjadi salah satu kartu grafis terbaik yang banyak digunakan pada desktop serta perangkat seluler. Laporan terbaru menunjukkan, produk NVIDIA RTX 3060 ini mengalami lonjakan penggunaan yang signifikan. 

Informasi tersebut diperoleh dari Steam Hardware Survey (SHS) terbaru yang telah keluar. Melansir Tom’s Hardware (4/10), GPU Ampere untuk kategori 3060 menjadi satu-satunya entri dengan perolehan persentase penggunaan hingga dua digit dalam survei tersebut. 

Lebih lanjut, posisi teratas dari tabel survei SHS ditempati oleh kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan perolehan persentase sebesar 7,24 persen. Hal ini membuat GeForce GTX 1060 telah menjadi platform populer untuk gim mainstream karena mempunyai harga yang bersaing dan menghadirkan peningkatan kinerja. 

Meski begitu, ternyata perolehan gabungan dari seri NVIDIA GTX 1060 mempunyai total persentase yang lebih rendah dibandingkan gabungan dari seri RTX 3060. Laporan dari Tom’s Hardware mencatat, perolehan persentase gabungan produk NVIDIA RTX 3060 pada September ini memimpin dengan jumlah total 10,53 persen. Ini menjadikan seri RTX 3060 sebagai satu-satunya GPU yang berhasil mendapatkan persentase dua digit pada tabel survei Steam. 

Sementara jika dipisah, GPU Laptop GeForce RTX 3060 dan 3060 masing-masing berada di urutan keenam dan kelima. Kedua kartu grafis ini kemungkinan baru akan mencapai posisi pertama dan kedua pada kisaran tahun 2023. 

Terakhir, survei Steam tersebut juga memperlihatkan adanya penguatan pada CPU hexacore dalam beberapa bulan terakhir. Pada penggunaan OS, Windows 11 terlihat menguat dan dipastikan akan menembus perolehan hingga 25 persen sebelum survei berikutnya dipublikasikan. 
 

Share
×
tekid
back to top