sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 13 Feb 2024 13:07 WIB

NVIDIA rilis RTX 2000 Ada, harga Rp9 jutaan

GPU terbaru NVIDIA, RTX 2000 Ada, tentunya merupakan kejutan yang menyenangkan. Kartu ini tampak seperti kombinasi andal antara desain ringkas dan kinerja tangguh.

NVIDIA rilis RTX 2000 Ada, harga Rp9 jutaan

GPU terbaru NVIDIA, RTX 2000 Ada, tentunya merupakan kejutan yang menyenangkan. Kartu ini tampak seperti kombinasi andal antara desain ringkas dan kinerja tangguh. Namun, patut dicatat bahwa kartu ini ditujukan untuk workstation dengan form factor kecil.

Dengan banderol harga $625 (Rp9,7 juta), ini adalah pilihan yang cukup bagus bagi mereka yang ingin meningkatkan konfigurasi kompak tanpa mengorbankan daya.

Dilansir dari Gizmochina (13/2), RTX 2000 Ada menghadirkan peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya, terutama dengan memori GDDR6 sebesar 16 GB, dilengkapi dengan ECC untuk menambah keandalan.

Meski ukurannya lebih kecil, GPU ini tidak mengurangi performanya, dengan memiliki 2.816 core CUDA, 88 core Tensor, dan 22 core RT. NVIDIA mengklaim performa komputasi yang mengesankan, termasuk performa presisi tunggal 12,0 TFLOPS, menjadikannya alat yang tangguh untuk berbagai tugas.

GPU terbaru dari NVIDIA tersebut mendukung empat output tampilan mDP 1.4a, yang melayani pengaturan multi-monitor di lingkungan dengan ruang terbatas. Penggunaan daya sebesar 70W yang efisien dan penggunaan koneksi PCIe Gen4 x8 menegaskan kesesuaiannya untuk sistem yang memiliki slot daya dan ekspansi premium.

Yang paling penting adalah penyertaan kemampuan encode dan decode AV1, sebuah fitur yang semakin dituntut di GPU modern karena efisiensinya dalam pemrosesan video.

Namun, penting untuk diingat bahwa RTX 2000 Ada mungkin bukan pilihan tepat bagi mereka yang terlibat dalam pekerjaan desain kelas atas atau penelitian AI. Sebaliknya, kelebihannya terletak pada menghadirkan inferensi AI dan kemampuan grafis tingkat lanjut ke pengaturan yang tidak dapat ditampung oleh GPU yang lebih besar dan banyak makan daya.

Mulai dari workstation multi-display hingga alur kerja yang disempurnakan dengan AI, RTX 2000 Ada diharapkan menjadi pilihan serbaguna dan hemat energi bagi para profesional dan antusias.

Share
×
tekid
back to top