sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
Rabu, 25 Nov 2020 10:01 WIB

Hati-hati! Musim baru dimulai, PUBG Mobile jadi sasaran phishing

Aktivitas phishing bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan dalam bentuk apapun. Kali ini, gim PUBG Mobile dilaporkan menjadi sarang serangan phishing dengan dimulainya musim baru dalam gim tersebut.

Hati-hati! Musim baru dimulai, PUBG Mobile jadi sasaran phishing
Source: PUBG Mobile

Phishing bisa hadir dalam berbagai bentuk dan terjadi di mana saja, bahkan di dunia gim. Baru-baru ini, Kaspersky melaporkan temuan aktivitas phishing di gim PUBG Mobile. Kemunculan phishing ini diperkirakan sejalan dengan musim baru dalam gim, yakni Metro: Exodus.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, PUBG Mobile mendapatkan update untuk memasuki musim baru hasil dari crossover dengan Metro:Exodus. Di musim baru ini, pemain akan mendapatkan berbagai item baru, kemunculan monster layaknya di gim Metro: Exodus hingga skin baru. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para pelaku phishing untuk menjerat korbannya.

Kaspersky melaporkan setidaknya ada 260 aktivitas phishing yang terdeteksi. Pelaku menawarkan kesempatan pada korbannya untuk memenangkan item baru. Nah untuk mendapatkan hadiah tersebut, calon korban hanya perlu mengirimkan akun game mereka melalui profil Twitter atau Facebook. Namun, entri profil itu diatur agar gagal.

Selanjutnya pelaku akan meminta korban untuk memasukkan informasi lainnya, seperti username dalam gim, nomor telepon hingga detail pribadi lainnya. Akibatnya, para pelaku tidak hanya mendapatkan akun media sosial, tetapi juga data pribadi para korbannya. Hal ini dilakukan untuk dapat menjual kembali akun gim korbannya untuk mendapatkan keuntungan.

“Para pelaku kejahatan siber jelas mempersiapkan diri mereka dengan sangat baik untuk menyambut musim permainan baru. Halaman phishing yang kami temukan dirancang dengan cara yang sangat meyakinkan, baik dalam desain maupun antarmuka, yang biasanya sangat familiar bagi para gamer,” kata Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan di Kaspersky.

Untuk itu, penting diketahui bagi para pemain PUBG Mobile agar tidak mengikuti undian dalam bentuk apapun di luar website atau gim yang bersangkutan. Tidak hanya irtu, jangan malas untuk memeriksa inbox dalam gim. Biasanya para pengembang gim juga akan memberikan peringatan kepada para penggunanya terkait aktivitas ini.

Share
×
tekid
back to top