sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
Kamis, 09 Apr 2020 14:12 WIB

MIT ciptakan cat semprot interaktif

Seni gambar yang dilukis menggunakan cat spray di dinding dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu, atau mengakses TV

MIT ciptakan cat semprot interaktif
Source: MIT via Engadget

Para ilmuwan di MIT berhasil mengembangkan cara untuk membuat permukaan interaktif menggunakan tinta cat semprot (spray), atau dengan kata lain sebuah grafiti yang dapat difungsikan layaknya sebuah area kontrol. Sistem SprayableTech memungkinkan pengguna membuat grafik seukuran ruangan dengan sensor dan tampilan yang dapat diterapkan untuk apa saja, mulai dari dinding hingga furnitur.

Dilansir dari Engadget (9/4), seni gambar yang dilukis menggunakan cat spray di dinding dapat digunakan untuk menghidupkan dan mematikan lampu. Selain itu, desain yang diterapkan ke lengan sofa dapat digunakan untuk mengontrol TV.

Setelah mendesain karya seni interaktif dengan editor 3D, sistem menghasilkan mimeograf untuk menerapkan tata letak cat ke permukaan. Kemudian menerapkan serangkaian tinta seperti tinta tembaga konduktif, cat, dielektrik, fosfor, bus tembaga dan konduktor yang bersih. Setelah itu dipasang mikrokontroler, menghubungkan antarmuka  yang menjalankan kode untuk sistem sensor dan output.

Sebagian besar sistem bergantung pada fase desain, untuk memastikan tinta ditempatkan di lokasi yang tepat dan dapat terhubung ke mikrokomputer dengan benar. Tetapi kini tim peneliti bekerja untuk membuat model modular, sehingga memungkinkan pengguna untuk mencoba sistem di rumah tanpa perlu menggunakan editor 3D atau memotong desain sendiri.

“Kami melihat ini sebagai alat yang akan memungkinkan manusia untuk berinteraksi dengan menggunakan lingkungan mereka dengan cara yang baru ditemukan. Di masa depan, kami bertujuan untuk berkolaborasi dengan seniman grafiti dan arsitek untuk mengeksplorasi potensi masa depan untuk antarmuka pengguna skala besar dalam memungkinkan IoT untuk kota pintar dan rumah interaktif,” kata penulis utama SprayableTech, Michael Wessely.

Share
back to top