sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Jumat, 04 Agst 2023 15:03 WIB

Microsoft suntik mati aplikasi Cortana di Windows 11, dan taruh harapan pada Copilot

Cortana tidak terlalu populer di kalangan pengguna, dan tidak pernah mampu bersaing dengan asisten digital lainnya seperti Siri, Amazon Alexa, dan Google Assistant.

Microsoft suntik mati aplikasi Cortana di Windows 11, dan taruh harapan pada Copilot

Microsoft terus mengerjakan dan menambahkan fitur baru ke Windows 11. Namun saat memperkenalkan fitur baru, perusahaan itu juga menghentikan proyek lama dan yang tidak berhasil. Yang terbaru untuk dihentikan adalah Cortana, asisten virtual yang memasuki hidup kita pada tahun 2015. Sayangnya, itu telah mencapai akhir hidupnya. Sekarang, Microsoft mematikan aplikasi Cortana mandiri di Windows 11.

Sebenarnya, ini bukan informasi baru. Pada bulan Juni lalu, Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan Cortana. Namun, pengguna masih bisa mengakses asisten virtual melalui aplikasi jika mereka mau. Dilansir dari Gizmochina (4/8), sekarang perusahaan tersebut telah berhenti mendukung aplikasi Cortana di Windows 11. Aplikasi tersebut mendapatkan update untuk memberi tahu pengguna bahwa itu akan berhenti bekerja akhir bulan ini.

Cortana tidak terlalu populer di kalangan pengguna, dan tidak pernah mampu bersaing dengan asisten digital lainnya seperti Siri, Amazon Alexa, dan Google Assistant. Microsoft mengganti Cortana dengan fitur bertenaga AI lainnya di Windows 11, seperti Windows Copilot. Windows Copilot masih dalam pengembangan, tetapi memiliki potensi untuk menjadi asisten AI yang jauh lebih berguna dan andal daripada Cortana sebelumnya.

Asisten AI baru ini sedang dalam pratinjau untuk Windows 11 Dev Channel Insiders. Copilot dirancang untuk memberikan bantuan real-time, membantu pengguna dengan tugas-tugas seperti menulis kode, menulis email, dan membuat presentasi.

Setelah masuk ke dalam versi stabil, Windows Copilot akan muncul sebagai panel di samping layar. Pengguna kemudian dapat memberikan perintah kepada asisten ini, seperti "ketik 'halo dunia'" atau "buka Microsoft Edge". Copilot kemudian akan mengurus sisanya, secara otomatis mengetik atau membuka item yang diminta. Namun, waktu akan memberi tahu seberapa sukses itu nantinya.

Share
×
tekid
back to top