Menyesal, Apple kembali ubah desain keyboard MacBook

Apple telah memperkenalkan empat generasi keyboard butteryfly selama bertahun-tahun, namun terus berusaha mengatasi keluhan pengguna seputar tombol macet.

Menyesal, Apple kembali ubah desain keyboard MacBook Source: Pexels

Tampaknya Apple tidak akan menggunakan tombol keyboard mekanisme butterfly yang ada di MacBook sejak tahun 2015. Mekanisme itu disebut-sebut menjadi akar masalah keandalan, dan desain tombol low-travel juga tidak begitu populer di banyak pengguna Mac.

Informan andal, Ming-Chi Kuo, mengatakan Apple akan menghadirkan desain mekanisme keyboard scissor yang menjanjikan daya tahan dan desain jarak tekan yang panjang. Dilansir dari 9To5Mac (4/7), mekanisme tersebut akan diterapkan mulai pada perangkat MacBook Air 2019. Selain itu, MacBook Pro juga akan mendapatkan mekanisme tombol baru pada tahun depan.


BACA JUGA

Apple akan perkenalkan SiriOS pada WWDC 2020

Sensor ToF 3D akan hadir di kamera belakang iPhone 2020

Apple Card bakal rilis dalam waktu dekat


Sistem mekanisme scissor mengandalkan serat kaca untuk memperkuat tombol. Para penggemar Apple yang tidak menyukai keyboard butterfly seharusnya optimis mengenai kembalinya sakelar tersebut. Kuo mengatakan bahwa desain butterfly Apple memakan biaya tinggi untuk produksi.

Meski diperkirakan harganya lebih mahal dibandingkan keyboard standar, model scissor masih lebih murah dibandingkan model butterfly.

Apple telah memperkenalkan empat generasi keyboard butterfly selama bertahun-tahun, berusaha mengatasi keluhan pengguna seputar tombol macet, input berulang dan bahkan suara yang nyaring ketika mengetik. Dengan demikian, model scissor dengan jarak tekan yang lebih baik akan disambut hangat.

Pengalaman mengetik pada sebuah keyboard tergantung dari banyak faktor, tetapi ini merupakan tanda yang menjanjikan bahwa Apple kembali ke mekanisme keyboard yang digunakan pada seluruh MacBook sebelum 2015.

Mungkin sedikit mengecewakan mendengar MacBook Pro tidak mendapatkan keyboard tipe baru sampai tahun depan. Padahal banyak yang berharap MacBook Pro 16 inci akan menampilkan keyboard baru.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: