sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Jumat, 26 Jan 2024 18:55 WIB

Mengulik prosesor Dimensity 8300 Ultra yang akan ada di POCO X6 Pro 5G

Dimensity 8300 Ultra memiliki CPU octa-core dengan konfigurasi satu core Cortex-A715 (3,2 GHz), tiga core cortex-A715 (3,2 GHz), dan empat core Cortex-A510 (2,2 GHz).

Mengulik prosesor Dimensity 8300 Ultra yang akan ada di POCO X6 Pro 5G

Pada tanggal 11 Januari lalu, POCO secara resmi meluncurkan ponsel X6 Pro 5G secara global. Ponsel yang menyasar ke segmen kelas menengah ke atas ini dipastikan bakal meluncur ke Indonesia sebentar lagi. Ponsel ini bakal menawarkan performa ekstrem lantaran diperkuat dengan prosesor MediaTek Dimensity 8300 Ultra. Lantaran mengusung nama ‘Ultra’, tentu saja prosesor yang digunakan di dalam POCO X6 Pro 5G memiliki performa lebih andal jika dibandingkan dengan Dimensity 8300 ‘reguler’.

Dimensity 8300 Ultra memiliki CPU octa-core dengan konfigurasi satu core Cortex-A715 (3,2 GHz), tiga core cortex-A715 (3,2 GHz), dan empat core Cortex-A510 (2,2 GHz). CPU ini dibangun dengan proses fabrikasi 4nm dan mendukung instruksi ARMv9-A. Oleh karena itu, ini menawarkan performa 20% lebih cepat dan hemat daya 30% lebih baik dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya.

Untuk GPU, prosesor mobile yang diluncurkan sekitar November 2023 ini dilengkapi dengan Mali-G615 MP6, yang merupakan unit grafis generasi keempat dari arsitektur Valhall. GPU ini memiliki enam unit eksekusi dan frekuensi 1400 MHz.

Tidak ketinggalan pula dukungan Vulkan 1.3 dan OpenCL 2.0, yang merupakan API grafis terbaru untuk aplikasi 3D dan komputasi paralel. MediaTek juga menerapkan teknologi MiraVision 880 pada Dimensity 8300 Ultra untuk pengoptimalan gambar di layar ponsel.

Seperti yang kita ketahui, saat ini adalah era kecerdasan buatan (AI) generatif. Dengan demikian Dimensity 8300 Ultra dilengkapi dengan dukungan AI generatif secara penuh berkat prosesor AI APU 780 yang terintegrasi di dalamnya.

APU 780 memungkinkan Dimensity 8300 Ultra untuk memberikan dukungan kepada pengembang untuk membangun aplikasi inovatif yang memanfaatkan model bahasa besar (LLM) hingga 10 miliar parameter, serta difusi stabil. Prosesor ini juga memiliki arsitektur yang sama dengan prosesor unggulan Dimensity 9300, yang menghasilkan peningkatan 2x dalam perhitungan INT dan FP16 dan peningkatan 3,3x dalam kinerja AI dibandingkan dengan Dimensity 8200.

Sebagai informasi, AI generatif adalah teknologi kecerdasan buatan yang dapat menghasilkan konten baru berdasarkan data yang ada, seperti teks, gambar, suara, atau video. AI generatif dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti sintesis suara, desain grafis, penulisan kreatif, dan lain-lain.

Agar dapat mengimbangi keunggulan Dimensity 8300 Ultra, POCO X6 Pro menawarkan RAM hingga 12 GB dan storage hingga 512 GB untuk penggunaan yang lancar dan multitasking yang serius. Ini memungkinkan kamu untuk beralih dengan lancar antara mengambil foto, mengedit video, dan berbagi konten media sosial. Ponsel tersebut juga dilengkapi dengan WildBoost Optimization 2.0 yang telah ditingkatkan untuk pengalaman bermain game yang sangat mulus.

POCO X6 5G memiliki layar AMOLED CrystalRes Flow berukuran 6,67. Panel layar ini dipastikan menampilkan warna-warna yang hidup bahkan di bawah sinar matahari yang cerah. Dengan bezel ultra tipis, rasio screen-to-body X6 Pro 5G yang tinggi mencapai 94% memastikan pengalaman layar penuh dan estetika yang ramping dan modern.

Kamera belakangnya terdapat tiga unit (kamera utama 64 MP, kamera ultra lebar 8 MP, dan kamera makro 2 MP). Terdapat fitur OIS untuk membantu pengguna mengambil foto yang jernih saat bergerak. Lebih jauh lagi, kamera ini juga menambahkan fungsi kamera Motion Capture dan Motion Tracking yang secara otomatis mengidentifikasi dan melacak orang, hewan, atau subjek yang menjadi fokus video.

Share
×
tekid
back to top