Mengenal keunggulan MediaTek Helio P70

Chipset baru MediaTek ini akan menjadi pesaing Qualcomm Snapdragon 660 yang kini banyak digunakan untuk smartphone kelas menengah premium.

Mengenal keunggulan MediaTek Helio P70 (Foto: Wccftech)

MediaTek resmi merilis chipset terbarunya untuk smartphone kelas menengah. Dinamakan Helio P70, chipset ini diklaim akan melampaui batasan yang belum pernah dilakukan oleh mayoritas chipset kelas menengah. Chipset ini menjadi penerus dari P60 yang dirilis awal tahun ini.

Chipset baru MediaTek ini akan menjadi pesaing Qualcomm Snapdragon 660 yang kini banyak digunakan untuk smartphone kelas menengah premium. Namun manakah yang lebih unggul dari kedua chipset ini?


BACA JUGA

Hasil benchmark Ryzen 7 bocor, 12 Core dengan boost speed 3,7GHz

Samsung siapkan teknologi fabrikasi 3nm

Kata Intel terkait malware yang menyerang prosesornya


Menilik teknologi pemrosesannya, Snapdragon 660 menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Sementara Helio P70 teknologi fabrikasinya 12 nm. Teknologi yang lebih inovatif tersebut itu memungkinkan Helio P70 lebih hemat daya ketimbang Snapdragon 660.

Perbedaan dari kedua chipset ini dari sisi dukungan artificial intelligence (AI). Snapdragon 660 didukung dengan Artificial Intelligence Engine (AIE). Sementara Helio P70 ditopang dengan chip AI (APU) multi-core yang mampu bekerja hingga 525 MHz untuk proses AI 30 persen lebih efisien dari seri sebelumnya.

Di sektor pengolahan grafis, Snapdragon 660 menggunakan Adreno 512 yang diklaim mampu meningkatkan performa hingga 30 persen. Di Helio P70, ada ARM Mali-G72 MP3 yang lebih hemat daya hingga 35 persen. 

Hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu juga menunjukkan bahwa skor MediaTek Helio P70 lebih tinggi dibanding Snapdragon 660. Mengutip Gizchina, Helio P70 meraih skor 156.906. Skor tersebut terlampau jauh dari Snapdragon 660 yang meraih skor 105.575.


Secara khusus, MediaTek Helio P70 juga lebih unggul karena memiliki teknologi CorePilot 4.0. Teknologi itu berfungsi untuk mengelola pembagian tugas antara sumber daya pemrosesan dengan fokus manajemen daya yang mempertahankan pengalaman pengguna. 


Dalam waktu dekat, MediaTek Helio P70 akan hadir dan bisa dirasakan performanya oleh konsumen di Indonesia. Chipset terbaru MediaTek itu akan hadir pada smartphone anyar Realme. Sayangnya belum diketahui seri dari smartphone tersebut. Diduga kuat sub-brand Oppo itu akan merilis Realme U1 yang hari ini diresmikan di India.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: