sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Rabu, 22 Mar 2023 16:23 WIB

MacBook Air OLED akan punya layar lebih canggih dari OLED biasa

Apple MacBook Air dengan panel layar OLED dikabarkan bakal meluncur pada awal tahun 2024. OLED ini tipe baru dengan kualitas lebih baik.

MacBook Air OLED akan punya layar lebih canggih dari OLED biasa

Apple telah lama dikabarkan sedang mengerjakan panel layar OLED untuk jajaran laptop MacBook. Meski demikian, hal ini yang belum terwujud hingga sekarang. Namun, jika laporan baru bisa dipercaya, penantian para penggemar untuk layar yang lebih berkualitas akhirnya bisa berakhir.

Sesuai laporan terkini, Apple MacBook Air mendatang bisa menjadi perangkat MacBook pertama yang menampilkan panel layar OLED. Di sisi lain, dan peluncuran laptop model baru dari Apple tersebut dapat dilakukan pada awal tahun 2024.

Dilansir dari Gizmochina (22/3), MacBook Air yang akan datang dilaporkan bakal menggunakan teknologi OLED tipe baru yang disebut "tandem stack", yang merupakan jenis teknologi OLED mutakhir sehingga menjanjikan peningkatan siklus panel layar yang lebih panjang dari panel OLED konvensional. Selain itu, OLED tipe baru tersebut juga bakal meningkatkan efisiensi daya dan kecerahan yang lebih tinggi.

Meski MacBook Air akan dialihkan menggunakan panel layar OLED, MacBook Pro akan terus memiliki tampilan Mini-LED untuk beberapa waktu lagi, dan tidak ada informasi yang tersedia tentang kapan model Pro akan beralih ke panel layar OLED.

Sementara itu, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino tersebut juga sedang menggarap MacBook Air 13 inci dan MacBook Air 15 inci baru yang ditenagai oleh chipset Apple M3 yang belum resmi diumumkan. Meskipun Apple belum mengungkapkan apa pun tentang hal ini, laptop baru itu diperkirakan akan diluncurkan sekitar bulan Juni saat ajang WWDC 2024.

Sebagai informasi, OLED atau Organic Light Emitting Diode terdiri dari panel-panel yang mampu memancarkan cahaya sendiri pada setiap pikselnya. Dengan demikian, teknologi panel OLED mampu menciptakan warna yang konsisten dan akurat, serta tingkat warna hitam yang lebih pekat jika dibandingkan LCD atau bahkan LCD berbasis Mini-LED.

Share
×
tekid
back to top