sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 09 Jul 2024 11:06 WIB

Kini lisensi penggunaan hasil aplikasi Stable Diffusion menguntungkan pengguna

Hanya perusahaan atau individu tertentu saja yang nantinya harus menggunakan lisensi Enterprise untuk mempublish hasil penggunaan Stable Diffusion.

Kini lisensi penggunaan hasil aplikasi Stable Diffusion menguntungkan pengguna

Stability AI, perusahaan startup yang mengembangkan aplikasi Stable Diffusion, telah mengumumkan perjanjian lisensi terbaru untuk pengguna. Isinya adalah lisensi ini memperluas tingkatan gratis dan menghapus batasan jumlah gambar yang dibuat.

Perusahan tersebut dalam sebuah pengumuman resmi di blog mereka mengakui bahwa "lisensi komersial yang awalnya dikaitkan dengan SD3 menyebabkan kebingungan dan kekhawatiran di komunitas". Ini wajar karena pengguna masih belum dapat memastikan apakah gambar yang mereka buat bisa digunakan untuk hal yang mereka ingin lakukan atau tidak.

Mereka mengatakan, untuk lisensi, hanya pelanggan Enterprise yang berpenghasilan lebih dari USD1 juta per tahun dan orang-orang yang menggunakan output gambar dan video untuk kebutuhan komersil yang akan diharuskan membayar penggunaan aplikasi Stable Diffusion.

Oleh karena itu, pengumuman “Stability AI Community License” secara drastis memperluas penggunaan gratis model AI generatif perusahaan, termasuk model Stable Diffusion 3 Medium (SD3M) yang baru-baru ini dirilis.

“Orang-orang dan organisasi yang memasang dan menjalankan model Stability AI di perangkat mereka sendiri (secara langsung atau melalui pemasangan paket sumber terbuka gratis yang menyertakannya) untuk penggunaan non komersial dapat terus melakukannya secara gratis,” kata Stability AI, seperti dikutip dari laman Digital Trends (9/7).

Jadi, untuk para penggemar, peneliti, pengembang, pelajar, dan guru, serta "fine-tuners" yang membantu meningkatkan dan mendistribusikan model dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis. Kebebasan lisensi baru juga berlaku untuk bisnis kecil.

Stability AI juga menyebut bahwa mereka tidak keberatan jika mereka memanfaatkan model SD secara langsung atau turunannya (misalnya, versi SD3 mereka sendiri yang telah disesuaikan dan dikhususkan), asalkan total pendapatan tahunan perusahaan berada di bawah $1 juta (atau mata uang lokal yang setara). 

Perusahaan yang melampaui batas keuangan tersebut perlu menghubungi Stability secara langsung dan memperoleh lisensi Enterprise. Terlebih lagi, skema lisensi baru ini tidak menetapkan batasan apapun terkait jumlah karya yang dapat dibuat oleh pengguna atau organisasi, baik berupa konten gambar, video, maupun audio.

“Selama pengguna tidak menggunakannya untuk aktivitas yang melanggar hukum, atau jelas-jelas melanggar lisensi atau AUP kami, Stability AI tidak akan pernah meminta pengguna kami untuk menghapus gambar yang dihasilkan, penyempurnaan, atau produk turunan lainnya, bahkan jika Anda tidak pernah membayar Stability AI,” kata perwakilan perusahaan.

Stability juga mengumumkan bahwa mereka sedang menyempurnakan model SD3M untuk meningkatkan kinerjanya setelah mendengar kritik keras dari komunitas pengembang. Perusahaan tersebut mencatat bahwa model baru tersebut mengungguli pendahulunya, model SDXL (sekarang dikenal sebagai AuraDiffusion), selama pengujian dan pengembangan.

Share
×
tekid
back to top