Lebih baik gunakan PIN untuk sistem keamanan perangkat Windows

Pihak Windows mengatakan, tingkat keamanan penggunaan PIN lebih tinggi dari kata sandi yang disimpan secara online.

Lebih baik gunakan PIN untuk sistem keamanan perangkat Windows Ilustrasi laptop Windows 10 (Microsoft)

Microsoft diketahui belakangan ini berencana untuk membuat PC Windows 10 berfungsi tanpa kata sandi. Mereka menganggap, penggunaan kata sandi akun Microsoft untuk masuk ke perangkat mereka bukan sebuah hal yang sangat aman.

Dalam pembaruan Windows terbaru, mereka telah mengganti cara penggunaanya untuk masuk ke dalam perangkat berbasis Windows 10. Kali ini, pengguna akan dapat masuk hanya dengan memasukkan pin saja.


BACA JUGA

Dua dekade di Indonesia, Acer manjakan konten kreator Indonesia

Lenovo rajai pasar PC global di Q2 2019

Ini 3 produk yang diluncurkan Asus dalam acara ROG ‘Be Unstoppable'


Cara ini melengkapi dua cara masuk ke perangkat lain tanpa kata sandi, yakni Windows Hello yang menggunakan wajah dan melakukan otentikasi menggunakan sidik jari. Dan ternyata, hal ini didasarkan oleh kepercayaan perusahaan software asal Amerika tersebut bahwa menggunakan kata sandi akun Microsoft mereka tak terlalu aman lagi.

The Verge (12/7/2019) melaporkan, Microsoft mengatakan bahwa ketiga metode tersebut, terutama pin lebih aman daripada kata sandi. Hal ini dikarenakan kata sandi akun Microsoft mereka disimpan secara online, sedangkan pin tidak disimpan secara online.

Terlebih lagi, Windows 10 menyimpan kunci pribadi Anda pada platform Trusted Platform Module (TPM), yang merupakan chip keamanan yang menyimpan PIN lokal untuk perangkat Anda saja. Server dapat diretas yang menyebabkan kata sandi dapat dicuri, tetapi Windows Hello PIN tidak akan terpengaruh.

Para pengguna pun diberikan kebebasan untuk memilih apakah mereka akan tetap menggunakan kata sandi atau menggunakan metode ini. Pengguna tinggal masuk ke pengaturan login, dan memiliki opsi ‘buat perangkat Anda tanpa kata sandi’.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: