Sebentar lagi kita akan lihat laptop gaming dengan layar 300Hz

Baik Asus dan Acer akan menyematkan layar dengan refresh rate 300Hz di laptop gaming terbaik mereka.

Sebentar lagi kita akan lihat laptop gaming dengan layar 300Hz Ilustrasi Layar (Pexels)

Jika berbicara mengenai monitor untuk gaming, untuk saat ini 240Hz merupakan refresh rate tertinggi yang ada di pasaran. Kebanyakan, monitor dengan refresh rate tersebut hadir di monitor desktop.

Namun, baru-baru ini Asus membuat sebuah gebrakan besar. Dalam ajang IFA 2019, mereka menampilkan sebuah monitor dengan refresh rate 300Hz. Tapi, layar ini tidak hadir di monitor desktop, melainkan hadir di laptop gaming mereka.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

HP perkenalkan laptop Project Athena pertama, Elite Dragonfly

Surface Laptop 3 15 inci akan hadir dengan prosesor AMD

Microsoft patenkan teknologi engsel baru


Asus mengatakan, mereka sudah mempersiapkan dua jajaran laptop yang akan menggunakan layar ini. Mereka menyebut, jajaran Strix dan Zephyrus akan memiliki layar dengan refresh rate 300Hz di resolusi 1080p.

Selain Asus, ada juga vendor lain yang akan menawarkan laptop dengan refresh rate tersebut. Acer juga sebelumnya sudah mengumumkan Predator Triton 500 yang akan memiliki layar 300Hz, dengan harga Rp32 juta-an.

Sebagai informasi, meningkatkan kecepatan refresh ke angka 300Hz merupakan peningkatan sebesar 25 persen, dan angka ini bukan angka yang kecil. Pada refresh rate tersebut, layar dapat menggambar 5X lebih banyak frame daripada panel 60Hz yang ditemukan pada laptop konvensional.

Jika dipasangkan dengan GPU yang bisa menghasilkan frame per detik, tampilan yang lebih cepat membuat gameplay jauh lebih mulus jika dibandingkan dengan layar 240Hz.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: