sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Senin, 07 Jun 2021 18:30 WIB

Kupas tuntas ponsel Jawara Xiaomi Redmi Note 10S

Ada dua versi dari ponsel ini, pertama dilengkapi RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB dan kedua dilengkapi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Kupas tuntas ponsel Jawara Xiaomi Redmi Note 10S

Beberapa waktu lalu Xiaomi telah meluncurkan Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro ke Indonesia. Kedua ponsel ini memiliki keunggulan masing-masing jika dibandingkan dengan perangkat di kelasnya. Setelah kedua ponsel tersebut, Xiaomi menghadirkan seri Redmi Note 10 terbaru dengan nama Redmi Note 10S. Kehadiran ponsel ini menandakan Xiaomi ingin selalu menghadirkan lebih banyak pilihan ponsel berkualitas tetapi tetap terjangkau.

Prosesor dari Redmi Note 10S adalah MediaTek Helio G95 yang cocok untuk bermain gim. Ada dua versi dari ponsel ini, pertama dilengkapi RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB dan kedua dilengkapi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Kebetulan unit Redmi Note yang akan diulas di sini memiliki RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Desain bagus

Terdapat dua macam model material bodi Redmi Note 10S. Pertama adalah berbahan glossy atau mengkilap, dan yang lainnya memiliki lapisan frosted. Masing-masing material memiliki karakteristik masing-masing. Bahan mengkilap tidak terasa licin di tangan, sedangkan bahan frosted memiliki nuansa seperti Xiaomi Mi 11 yang masuk ke dalam kelas flagship.

Karena ingin menampilkan performa terbaik di kelasnya, Redmi Note 10S menggunakan teknologi Super AMOLED agar warna yang dihasilkan terlihat cerah tanpa gangguan wash-out dari berbagai sudut. Metode di balik layar Super AMOLED adalah bahwa panel ini mengintegrasikan sensor sentuh pada layarnya, ketimbang melapisi sensor itu di atas layar.

Layar ini mengusung ukuran 6,43 inci serta dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 3. Kecerahan maksimal dari layar Redmi Note 10S adalah 1.100 nit. Ketika dicoba di luar ruangan, konten dalam layar jelas terlihat tanpa gangguan refleksi benda-benda di sekitarnya. Sebagai informasi, kecerahan maksimal layar ini hampir mirip dengan Mi 11 yang memegang 1.500 nit.

Teknologi penyimpanan yang diberikan oleh Redmi Note 10S adalah Universal Flash Storage (UFS) 2.2, yang lebih unggul jika dibandingkan dengan UFS 2.1. Sebagai informasi, perbedaan utama antara versi 2.2 dan versi 2.1 adalah penambahan fitur Write Booster. Ini juga akan memastikan performa pencarian file lebih baik, waktu encoding yang lebih cepat, dan masih banyak lagi.

Xiaomi menyatakan bahwa khusus pasar Indonesia, Redmi Note 10S dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC). Dengan demikian, kamu akan dapat memeriksa isi saldo di uang elektronik dan mengisinya dengan sangat praktis, tanpa harus repot-repot ke ATM atau gerai tertentu. Teknologi ini juga akan memungkinkan kamu menghubungkan (pairing) ke speaker yang juga mendukung NFC.

Kamera

Bagian belakang ponsel ini terdapat empat kamera. Keempat kamera belakang ponsel tersebut dibekali dengan sensor beresolusi 64 MP. Dengan resolusi tinggi ini, sudah pasti kamu akan mendapatkan hasil dengan detail tajam. Tidak ketinggalan pula teknologi pixel binning yang memungkinkan hasil lebih terang ketika kamu memotret kondisi malam hari.

Kamera kedua mengusung lensa ultra lebar dengan resolusi 8 MP. Ini memungkinkan kamu memotret pemandangan lebih luas. Jika kamu gemar memotret gambar dengan jarak fokus dekat, maka tersedia kamera makro beresolusi 2 MP. Terakhir ada kamera depth sensor 2 MP untuk memotret dengan efek bokeh di latar belakang sehingga hasil foto terlihat lebih dramatis.

Kamu dapat mengatur seberapa intens efek bokeh yang ada di belakang subjek utama dengan menggunakan fitur slider yang tertera. Hal yang tidak kalah praktis adalah efek bokeh dapat disesuaikan meski gambar telah diambil.

Sedangkan kamera depan Redmi Note 10S diperkuat dengan sensor beresolusi 13 MP. Meskipun tidak dilengkapi dengan kamera depth sensor, kamu dapat memotret selfie menggunakan kamera depan dengan efek bokeh. Ini terjadi karena hadirnya teknologi kecerdasan buatan (AI). Kamera depan terletak di atas layar dengan desain DotDisplay berukuran kecil.

Ketika memotret menggunakan kamera utama, hasilnya sangat memuaskan. Tekstur awan tipis tetap dapat terlihat pada bagian langit, alias tidak ada gangguan over exposure. Di sisi lain, tidak ada gangguan under-exposure pada pepohonan dan air danau. Bahkan, detail tekstur dan gelombang kecil di permukaan air danau dapat terlihat dengan jelas.

Kamera utama

 

Kemudian kamera Redmi Note 10S diuji untuk memotret zoom sebesar 2x. Ini adalah pembesaran secara digital. Tekstur pada seluruh benda masih terlihat jelas, seperti pada daun-daun dan air danau. Meski ada sedikit gangguan exposure pada batang pohon, zoom 2x pada Redmi Note 10S masih menampilkan hasil yang sangat layak cetak.

Zoom 2x

 

Sedangkan pemotretan zoom 4x masih menampilkan tekstur yang cukup baik. Ini dapat dibuktikan pada daun-di seluruh pohon. Namun akurasi warna keseluruhan sudah mulai menurun. Pada Zoom digital seperti ini biasanya kamera ponsel rentan terhadap gangguan friging (gangguan warna pada pinggiran subjek), tetapi momok ini tidak terjadi pada hasil zoom kamera Redmi Note 10S.

Zoom 4x

 

Setelah memotret menggunakan zoom, kini saatnya memotret menggunakan kamera lensa ultra lebar. Warna yang dihasilkannya terlihat sangat baik untuk ponsel seukurannya. Ini mirip ketika memotret menggunakan kamera utama, tidak ada gangguan exposure yang saling tumpang tindih. Bahkan, genteng rumah yang berada di kejauhan memiliki tekstur yang bagus. Hal yang tidak kalah penting adalah bahwa lensa ultra lebar di Redmi Note 10S tidak ada gangguan distorsi.

Ultra lebar

 

Salah satu dari keempat kamera belakang ponsel ini adalah kamera makro. Warna yang dihasilkannya terlihat bagus untuk sebuah lensa makro di ponsel. Fitur Focus & Shoot memungkinkan pemotretan lebih mudah dilakukan. Selain itu, performa kamera ini hadir dengan minim gangguan shutter lag sehingga memungkinkan hasil yang lebih tajam meskipun subjek sedang tertiup angin.

Makro

 

Ketika memotret menggunakan kombinasi kamera lensa depth sensor, hasil bokeh yang dihasilkannya terlihat sangat baik. Pemisahan antara subjek utama dan latar belakang sangat rapi tanpa saling bercampur aduk. Intensitas efek bokeh latar belakang dapat diatur melalui aperture digital dari besaran f/16 hingga f/1.0. Kamu juga dapat mengatur tingkat blur latar belakang meski ketika sudah mengambil gambar.

Bokeh

 

Bukan sebuah masalah bagi kamera Redmi Note 10S untuk memotret subjek yang membelakangi cahaya, termasuk cahaya matahari. Mode HDR kamera ponsel ini mampu menawarkan hasil yang sangat jelas pada subjek maupun latar belakangnya. Tidak ada warna daun dan sekitarnya yang terganggu oleh gejala pencahayaan under-exposure.

HDR

 

Kini saatnya menguji kamera depan. Seperti kamera belakang, kita juga dapat memotret dengan hasil bokeh di belakang subjek. Tidak ketinggalan pula opsi slider aperture digital dari besaran f/16 hingga f/1.0. Sifat dari pengaturan aperture ini dapat dilakukan secara real-time, jadi pengguna dapat memperkirakan seberapa besar efek yang diberikan dari masing-masing angka aperture.

Selfie bokeh

 

Tidak perlu khawatir ketika melakukan fotografi selfie membelakangi cahaya menggunakan Redmi Note 10S. Mode HDR kamera depan juga sama baiknya seperti kamera belakang. Tidak terjadi gangguan exposure yang saling mendominasi pada wajah dan layar belakang. Bahkan, tekstur genteng dan warna dinding pada rumah yang ada jauh di belakang masih terlihat jelas.

Selfie HDR

 

Selain unggul pada pemotretan siang hari, kamera Redmi Note 10S juga memiliki kualitas yang bagus ketika dicoba memotret malam hari. Mode malam (night mode) yang ada di di kamera mampu menghasilkan warna cerah dengan detail yang tetap terjaga. Gangguan noise yang ada pada foto tidak terlalu agresif, karena hanya ada sedikit pada bagian langit. Tidak ada juga gangguan flare yang terlalu mencolok di sekitar lampu.

Night mode

 

Ketika memotret menggunakan mode malam, kita juga dapat melakukan zoom 2x. Ini menghasilkan tekstur yang cukup baik untuk kondisi zoom digital, apalagi malam hari. Tidak ada gangguan noise yang terlalu mengganggu sehingga warna masih terlihat cerah. lampu-lampu gantung di taman tidak menampilkan gangguan flare sehingga meningkatkan ketajaman subjek di sekitarnya.

Night mode zoom 2x

Merekam video sambil berjalan tanpa bantuan alat stabilisasi? bukan hal sulit bagi Redmi Note 10S. Pasalnya, ponsel ini sudah terintegrasi sistem EIS yang sangat berguna meredam guncangan tangan. Jika kamu sedang mengendarai sepeda, hasilnya juga sangat baik dengan kualitas yang stabil.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @tekidreview

    Editor
    Share
    ×
    tekid
    back to top