Kamera instan di Google Translate kini makin pintar

Mirip dengan fitur “real-time translation” yang baru diluncurkan di Google Lens, fitur ini membantu pengguna saat bepergian ke luar negeri.

Kamera instan di Google Translate kini makin pintar (Foto: Youtube)

Terjemahan kamera instan menjadi fitur yang menarik di Google Translate. Fitur ini memungkinkan pengguna menerjemahkan bahasa asing dengan mengarahkan lensa kamera ponsel Anda ke arah objek foto yang bertuliskan bahasa asing.

Mirip dengan fitur “real-time translation” yang baru diluncurkan di Google Lens, fitur ini adalah suatu cara intuitif untuk memahami lingkungan sekitar dan sangat membantu pengguna saat bepergian ke luar negeri. Fitur ini akan bekerja bahkan meskipun ponsel tidak terhubung dengan data seluler ataupun Wi-Fi.


BACA JUGA

Google rancang algoritma penerjemah bahasa isyarat

Google kembali hapus 85 aplikasi mengganggu dari Play Store

Google ketahuan uji fitur baru untuk Duo


Google kini menambahkan dukungan terjemahan 88 bahasa ke lebih dari 100 bahasa di fitur kamera instan. Kemampuan ini menjadi mungkin setelah Google menambah 60 bahasa lainnya seperti Bahasa Arab, India, Melayu, Thailand, Vietnam, Bahasa Jawa, Sunda dan Indonesia.

Sebelumnya pengguna hanya bisa menerjemahkan antara Bahasa Inggris ke bahasa lainnya. Namun kini pengguna bisa menerjemahkan ke lebih dari 100 bahasa di Google Translate. Dengan kata lain berarti pengguna bisa menerjemahkan Bahasa Arab ke Bahasa Perancis atau Bahasa Jepang ke Bahasa Mandarin, dan lain sebagainya.

Untuk menggunakannya, pengguna bisa memilih “Detect Language” sebagai bahasa sumber. Google Translate kemudian akan secara otomatis mendeteksi bahasa tersebut dan menerjemahkannya. Saat bepergian ke luar negeri, terutama di wilayah dengan beragam bahasa, kemungkinan seseorang akan kesulitan untuk menentukan bahasa apa yang perlu diterjemahkan. 

Misalnya saat bepergian melalui Amerika Selatan, di mana Bahasa Portugis dan Spanyol digunakan, dan pengguna menemui sebuah tanda. Google Translate bisa menentukan bahasa apa yang dipindai, kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa yang Anda pilih.

Untuk pertama kalinya Google menerapkan teknologi Neural Machine Translation (NMT) di terjemahan kamera instan. Dengan begitu, aplikasi ini mampu menghasilkan terjemahan yang lebih akurat dan alami hingga mengurangi kesalahan 55 - 58% pada bahasa tertentu. 

Sebagian besar bahasa sudah bisa diunduh ke perangkat pengguna sehingga mereka dapat menggunakan fitur ini tanpa koneksi internet. Namun, ketika perangkat pengguna terhubung ke internet, fitur Google translate ini akan menggunakan koneksi tersebut untuk menghasilkan terjemahan dengan kualitas yang lebih baik.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: