Jonathan Ive pilih hengkang dari Apple, dirikan perusahaan sendiri

Dalam sebuah pernyataan resmi, Chief Design Officer Apple Jonathan Ive hengkang dari Apple untuk mendirikan perusahaan desain LoveForm bersama desainer kenamaan Marc Newson.

Jonathan Ive pilih hengkang dari Apple, dirikan perusahaan sendiri Jonathan Ive (Apple)

Bagi Apple fanboy atau penggemar Apple, rasanya tidak mungkin tak mengenal Jonathan Ive. Ya, dia lah yang bertanggung jawab untuk melakukan desain produk untuk semua perangkat Apple, mulai dari laptop hingga smartphone.

Ive termasuk salah satu pegawai Apple yang sangat loyal. Berangkat pada tahun 1996, dia sudah memegang jabatan sebagai tim desain Apple dan kini dia menjabat sebagai Chief Design Officer selama beberapa tahun.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple bakal patenkan istilah Slofie

Apple dan Disney berpotensi merger di tangan Steve Jobs

Apple daur ulang logam langka untuk produksi Taptic Engine


Sayang, baru-baru ini Apple dan Ive mengumumkan bahwa dia tidak lagi akan bekerja di Apple. Pria berusia 52 tahun tersebut hengkang dari Apple untuk membangun perusahaan desain yang bernama LoveForm.

Meski telah hengkang, namun dia akan tetap memiliki tanggung jawab untuk membuat desain pada perangkat Apple. Hal ini dikarenakan Apple masih merupakan salah satu perusahaan rekanan eksklusif LoveForm. 

CEO Apple, Tim Cook telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan yang kini dipimpinnya akan terus menggunakan desain Ive untuk produk mereka di masa depan. 

"Apple akan terus mendapat manfaat dari bakat Jony dengan bekerja secara langsung dengannya di proyek-proyek eksklusif, dan melalui kerja berkelanjutan dari tim desain yang brilian dan bersemangat yang telah ia bangun," kata Cook, seperti dikutip dari laman The Verge (28/6/2019).

"Setelah bertahun-tahun bekerja sama dengan erat, saya senang bahwa hubungan kami terus berkembang dan saya berharap untuk bekerja dengan Jony jauh ke masa depan."

Lantas, siapa yang akan menggantikan posisi Ive? Ternyata, Apple telah mempersiapkan Evans Hankey yang menjabat sebagai wakil presiden desain industri Apple saat ini, dan Alan Dye, Wakil Presiden desain human interface menggantikan peran Ive sementara.

Keduanya akan langsung melaporkan hasil kerjanya kepada COO Apple, Jeff Williams. Dia diminta untuk menghabiskan lebih banyak waktunya bekerja dengan tim desain di studio mereka.

Sebelum hengkang, Ive pun memberikan ‘surat cinta’ kepada Apple dan semua pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut.

“Setelah hampir 30 tahun dan banyak sekali proyek, saya sangat bangga dengan pekerjaan abadi yang telah kami lakukan untuk menciptakan tim desain, proses, dan budaya di Apple yang tanpa rekan,” kata Ive. 

"Hari ini lebih kuat, lebih bersemangat, dan lebih berbakat daripada pada titik mana pun dalam sejarah Apple. Tim pasti akan berkembang di bawah kepemimpinan Evans, Alan, dan Jeff yang sangat baik, yang telah menjadi kolaborator terdekat saya. Saya sangat percaya pada rekan desainer saya di Apple, yang tetap menjadi teman terdekat saya, dan saya berharap dapat bekerja sama dengan mereka selama bertahun-tahun yang akan datang."

Ive tidak akan sendiri dalam menjalankan LoveForm. Dia akan bergabung dengan desainer kenamaan Marc Newson pada perusahaan baru tersebut.

Sekadar informasi, Ive adalah salah satu perancang industri paling terhormat di dunia dan telah mengerjakan berbagai produk, termasuk beragam Mac, iPod, iPhone, iPad, Apple Watch, dan banyak lagi. 

Dia juga memiliki andil dalam merancang kampus Apple Park "pesawat ruang angkasa" milik Apple saat ini dan membangun tampilan dan nuansa toko ritel Apple. Baru-baru ini, Ive tampil dalam video desain tentang peluncuran Mac Pro baru akhir tahun ini.

Selain desain perangkat keras, Ive juga telah memainkan peran besar dalam membentuk kembali perangkat lunak Apple. Dia memperkenalkan iOS 7 yang diubah secara drastis pada tahun 2013, dengan membuatnya mirip dengan perangkat lunak desktop Apple, yang sekarang dikenal sebagai macOS.

Ive juga diketahui menjalin hubungan kerja dan pribadi yang erat dengan Steve Jobs, ketika salah satu pendiri Apple tersebut kembali ke perusahaan itu yang mulai terancam bangkrut pada tahun 1997.

Salah satu produk pertama yang merupakan hasil kolaborasi mereka adalah perangkat iMac yang diluncurkan pada 1998 silam. Produk ini mengawali tonggak spektakuler bagi Apple dan menjadi sebuah rally point bagi Apple.

Selain itu, pada peluncuran iPhone pertama, Ive menjadi orang pertama yang di telepon Jobs di atas panggung. Peluncuran smartphone tersebut pun memukau banyak pihak dan dikenal sebagai titik permulaan peperangan industri smartphone.

Selama bertahun-tahun, Ive muncul di video yang mendokumentasikan dan memamerkan desain produk terbaru Apple. Sayang, belakangan ini dia lebih jarang tampil. Selain wawancara sesekali untuk majalah atau panel desain, Ive sebagian besar telah mempertahankan kehidupan pribadi terlepas dari semua perangkat canggih yang telah ia bantu ciptakan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: