sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 15 Agst 2022 11:44 WIB

Tak kalah bersaing, ini 4 merek smartphone asli Indonesia

Selain berbagai merek dari luar negeri, ternyata beberapa produk smartphone di pasaran Indonesia adalah milik brand lokal.

Tak kalah bersaing, ini 4 merek smartphone asli Indonesia
Pixabay

Di Indonesia, industri smartphone dan perangkat pintar lainnya tampaknya masih didominasi oleh berbagai produk asing seperti Xiaomi, Apple hingga Samsung. Meski begitu, ternyata ada juga beberapa produk milik brand lokal yang turut meramaikan pasar smartphone di Tanah Air. 

Melihat persaingan pasar smartphone di kota-kota besar yang sangat sengit, beberapa brand lokal ini tampaknya lebih memilih untuk menghadirkan produk-produk mereka di kota tingkat kedua hingga ketiga. Selain karena menghadirkan produk dengan harga yang lebih murah, peminat di kota-kota kecil tersebut juga masih lebih banyak jika dibandingkan dengan di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. 

Bisa dibilang, smartphone merek lokal ini biasanya hadir dengan harga yang terjangkau dan dilengkapi spesifikasi yang memadai untuk aktivitas sehari-hari. Sehingga produk ini lebih diminati oleh kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah. 

Lantas, apa saja sih merek smartphone lokal yang selama ini turut meramaikan pasar ponsel di Tanah Air? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Advan 

Salah satu nama produsen smartphone Indonesia yang mampu bersaing dengan produk buatan luar negeri yaitu Advan. Hingga saat ini, perusahaan teknologi yang berbasis di Jakarta tersebut telah mengeluarkan beragam perangkat pintar di pasaran Indonesia, meliputi smartphone, tablet, laptop hingga komputer. 

Perusahaan yang berdiri tahun 2007 ini terkenal menghadirkan produk yang mempunyai spesifikasi cukup baik dengan harga yang terjangkau. Beberapa produk Advan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia yakni Advan G1, Advan i5 dan tablet T3H yang mempunyai bentuk mirip dengan iPad

2. Evercoss

Produsen smartphone Indonesia selanjutnya yang juga meramaikan pasaran yaitu Evercoss. Perusahaan yang sebelumnya mempunyai nama Cross Mobile ini dikenal menyasar pengguna kalangan menengah ke bawah. Sehingga produk buatan mereka juga mempunyai harga yang lebih terjangkau. 

Kendati merupakan brand asli Tanah Air, beberapa komponen perangkat keras dari ponsel pabrikan Evercross masih menggunakan produk Tiongkok dan Jerman. Seperti contohnya Evercoss Winner Series dan Evercoss Elevate Series. 

3. Polytron

Brand lokal berikutnya yang juga mempunyai produk smartphone di pasaran Indonesia yaitu Polytron. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1970-an ini memang dikenal sebagai salah satu pabrikan elektronik ternama di Tanah Air. 

Melihat perkembangan pasar ponsel di Indonesia, perusahaan yang berbasis di Kudus ini kemudian ikut serta menghadirkan produk smartphone untuk pelanggan mereka. Salah satu produk smartphone yang paling terkenal dari merek ini yaitu P520 yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. 

4. Mito Mobile 

Terakhir, merek lokal yang masih eksis di pasar ponsel Indonesia yaitu Mito Mobile. Perusahaan yang berbasis di Jakarta ini dikenal menjual produk smartphone untuk kalangan kelas menengah ke bawah. Salah satu produk yang paling terkenal dari merek ini yaitu Mito Fantasy Note A30 yang mempunyai harga kisaran Rp1,5 juta.

Share
×
tekid
back to top