Ketika semua mencontek iPhone X

Sejak iPhone X diluncurkan, banyak produsen smartphone yang mengikuti desainnya

Ketika semua mencontek iPhone X Source: Cnet

Sejak Mobile World Congress (MWC) 2018, banyak produsen yang memperkenalkan ponsel pintar baru mereka. Satu hal yang paling menarik, banyak dari ponsel pintar tersebut yang justru meniru iPhone X, seperti desain layar, posisi kamera belakang, dan juga fitur animoji. iPhone X mengusung layar dengan bezel tipis di sisi samping dan memiliki "notch" atau takik di bagian atas layar. Dengan layar seperti ini, pengguna akan mendapatkan layar yang lebih luas. Bukan hanya itu, iPhone X juga yang memperkenalkan posisi kamera belakangnya secara vertikal, padahal biasanya diletakkan secara horizontal.

iPhone X juga yang pertama kali memperkenalkan fitur animoji ke dunia. Dengan menggunakan sensor-sensor di kamera depan, iPhone X mampu menciptakan animasi emoji (Animoji) atau emoticon yang bisa bergerak secara 3D. Oh iya, fitur ini juga bisa dibuat untuk merekam gerakan wajah penggunanya. Apple pertama kali memperkenalkan segala hal seperti itu sejak September 2017 silam.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple bakal patenkan istilah Slofie

Apple dan Disney berpotensi merger di tangan Steve Jobs

Apple daur ulang logam langka untuk produksi Taptic Engine


Tak mau kalah dengan Apple, banyak produsen ponsel pintar yang langsung meniru gaya iPhone X. Salah satunya yakni Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z yang bisa dibilang sangat mirip dengan iPhone X. Kenapa? Sebab, mulai dari layar yang memiliki takik di bagian atas layar, bezel tipis di tepi sisi layar, hingga penempatan kamera belakang yang secara vertikal, semuanya mirip sekali dengan iPhone X. Beberapa media bahkan mengatakan smartphone ini sebagai iPhone X versi terjangkau.

Produsen Huawei dan LG tak mau ketinggalan, juga akan meluncurkan ponsel pintar andalan barunya dengan desain yang mirip dengan iPhone X. Rencananya, Huawei akan meluncurkan P20 Lite pada tanggal 27 Maret mendatang. Dari bocoran gambar yang telah tersebar, ponsel pintar ini juga akan hadir dengan bezel tipis di tepi sisi, takik di atas layar, dan juga posisi kamera belakang yang secara vertikal yang lagi-lagi mirip dengan iPhone X.

Sedangkan, LG akan merilis G7 pada Juni mendatang dengan desain bezel tipis di tepi layar dan takik di bagian atas layar. Sayangnya, belum diketahui apakah kamera belakangnya diposisikan secara vertikal atau tidak. Selain tiga produsen ponsel pintar tersebut, Oppo juga dikabarkan akan ikut meniru desain layar iPhone X. Dalam bocoran gambar yang tersebar, memperlihatkan Oppo R15 dan R15 Plus yang memiliki takik di bagian atas layar dan bezel tipis yang ditepi sisi ponsel tersebut. Semuanya meniru iPhone X.

Bahkan produsen sekelas Samsung juga sedikit meniru iPhone X, yakni pada fitur Animoji. Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, mengenalkan fitur AR Emoji yang menjadi Animoji ala Samsung dengan mengandalkan Augmented Reality. Tentu saja dengan dukungan AR, ponsel pintar ini mampu menciptakan emoticon seperti kemampuan di iPhone X.

iPhone masih jadi trendsetter

Sebenarnya, aksi contek-mencontek iPhone telah belangsung sejak lama oleh produsen ponsel pintar lain. Salah satunya yakni penggunaan USB Type-C dan pemindai sidik jari yang kini telah ditiru oleh banyak produsen ponsel pintar. iPhone memang merupakan trensetter di industri smartphone sejak awal. Sebagai smartphone dengan layar sentuh pertama, produk iPhone kerap menghadirkan inovasi yang tidak dimiliki oleh produk lain sebelumnya. Wajar jika banyak produsen smartphone yang meniru teknologi tersebut agar produknya laris di pasar.

Lucunya, seringkali fitur yang dihadirkan di iPhone diremehkan oleh berbagai pihak. Namun pada akhirnya, fitur tersebut pada akhirnya justru menjadi tren dan ditiru oleh banyak produsen smartphone. Jika diminta untuk memberikan contoh, penggunaan USB Type-C adalah salah satunya. Apple sempat dikritik ketika mereka beralih menggunakan USB Type-C di iPhone 6 dan menghilangkan jack audio 3.5mm. Namun saat ini hampir semua smartphone flagship menggunakan USB Type-C dan fitur tersebut sudah sangat lumrah di pasar, bahkan aksesori USB Type-C bisa ditemukan dengan mudah.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: