sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 05 Sep 2022 10:18 WIB

iPhone 5s hingga iPad generasi lawas dapat pembaruan iOS 12

Pembaruan iOS untuk iPhone dan iPad generasi lama ini bertujuan untuk memperbaiki masalah keamanan yang sempat dieksploitasi.

iPhone 5s hingga iPad generasi lawas dapat pembaruan iOS 12
iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus

Apple dilaporkan telah menggulirkan pembaruan software untuk sejumlah perangkat lawas yang tidak lagi didukung oleh perusahaan. Kendati perangkat tersebut sudah tidak didukung sistem operasi iOS terbaru, Apple memberikan update versi iOS terdahulu untuk jajaran perangkat tersebut. 

Pembaruan ini bertujuan untuk menutup celah keamanan yang sempat dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Ini dihadirkan untuk memberikan dukungan perbaikan kerentanan pada perangkat iPhone dan iPad lawas, sama halnya dengan pembaruan yang telah dirilis Apple untuk sejumlah perangkat yang lebih baru beberapa waktu lalu. 

Dilansir dari GSMArena (5/9), raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini meluncurkan update iOS 12.5.6. Artinya, pembaruan dengan nomor build 16H71 ini ditujukan untuk perangkat lawas dengan sistem operasi yang mentok pada dukungan iOS 12.

Lebih lanjut, perangkat jadul dari Apple yang kebagian pembaruan ini yaitu perangkat yang hanya bisa melakukan pembaruan OS hingga ke sistem operasi iOS 12. Ini meliputi iPHone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air Pertama, iPad Mini 2, iPad Mini 3, serta iPod Touch Generasi Keenam. 

Adapun kerentanan yang dimaksudkan dalam pembaruan ini yakni berasal dari celah keamanan di WebKit, mesin browser yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Safari. GSMArena menjelaskan, kerentanan keamanan di WebKit ini mengarah ke eksekusi kode arbitrer dan terdapat indikasi masalah ini telah dieksploitasi secara aktif. 

“Apple mengetahui laporan bahwa masalah ini mungkin telah dieksploitasi secara aktif,” ungkap Apple, dikutip dari GSMArena

Pengguna yang masih mengoperasikan perangkat lawas tersebut disarankan untuk segera melakukan pembaruan. Caranya, buka aplikasi Settings, kemudian pilih menu General lalu tekan opsi Software Update

Sebagai informasi, pembaruan yang dirilis Apple untuk perangkat jadul ini mempunyai ukuran sekitar 275MB. Jadi, pastikan perangkat lawas pengguna masih mempunyai cukup ruang sebelum melakukan pembaruan iOS 12.5.6 yang baru saja digulirkan perusahaan ini.

Share
×
tekid
back to top