sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Selasa, 14 Jun 2022 15:03 WIB

Internet Explorer segera tutup, bakal diganti dengan Microsoft Edge

Internet Explorer bakal tutup pada 15 Juni 2022. Mesin pencari buatan Microsoft ini telah beroperasi sejak tahun 1995.

Internet Explorer segera tutup, bakal diganti dengan Microsoft Edge

Internet Explorer pertama kali diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1995. Aplikasi mesin pencari di internet ini dihadirkan sebagai paket tambahan untuk perangkat Windows 95. Setelah lebih dari 27 tahun beroperasi, akhirnya browser tertua Microsoft ini resmi ditutup perusahaan. 

Berdasarkan informasi dari Gadget 360 (14/6), Internet Explorer bakal tidak dapat dioperasikan lagi mulai tanggal 15 Juni 2022. Pasalnya, aplikasi ini tidak dapat bersaing dengan kinerja browser lain yang lebih baru sehingga terus kehilangan penggunanya. 

Penutupan ini juga terkait dengan banyaknya pesaing baru yang memasuki pasar browser dan menawarkan penggunaan yang lebih baik, termasuk kecepatan internet dan kinerja yang lancar. Tampaknya, Internet Explorer tidak dapat bersaing dalam kompetisi tersebut dan secara bertahap berubah hanya menjadi penjelajah default saja. 

Browser kenamaan Microsoft ini mencapai penggunaan hingga 95 persen masyarakat di dunia pada tahun 2003. Sayangnya, pengguna tersebut terus berkurang seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat. 

Manajer Program Microsoft Edge, Sean Lyndersay menyatakan, aplikasi Internet Explorer ini akan digantikan dengan Microsoft Edge. Pada pembaruan tersebut, perangkat yang didukung mulai dari Windows 10 hingga generasi di atasnya. 

“Microsoft Edge tidak hanya lebih cepat, lebih aman, dan pengalaman menjelajah yang lebih kontemporer daripada Internet Explorer. Melainkan juga dapat mengatasi masalah penting, yaitu kompatibilitas untuk situs web serta aplikasi lawas yang lebih lama,” tambah Lyndersay.

Lebih lanjut, Microsoft telah menghentikan pengembangan fitur untuk browser Internet Explorer sejak tahun 2016. Ini merupakan langkah yang besar bagi perusahaan untuk mengembangkan teknologi browser yang lebih baru. 

Share
×
tekid
back to top