Intel klaim prosesor selanjutnya kebal Meltdown dan Spectre

Intel mengklaim prosesor dengan arsitektur Cannon Lake dan Ice Lake bakal bebas dari ancaman Meltdown serta Spectre.

Sejak ancaman keamanan Meltdown dan Spectre terpublikasi, Intel pun menjadi sorotan. Hal tersebut konsekuensi dari banyaknya jajaran produk Intel yang terkena dampak Meltdown dan Spectre. Dua ancaman keamanan tersebut memang memanfaatkan celah keamanan di arsitektur CPU, sehingga banyak pihak yang menyalahkan Intel karena dianggap membuat prosesor dengan arsitektur yang tidak aman.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Intel resmi perkenalkan Cascade Lake-X, meluncur bulan depan

Intel persiapkan Phantom Lake NUC

Intel secara resmi luncurkan jajaran prosesor Ice Lake


Meski demikian, Intel sudah membuat pernyataan resmi. Menurut mereka semua produk prosesor yang dibuatnya bekerja sesuai dengan tujuannya masing-masing dan menyangkal adanya cacat pada arsitekturnya. Selain itu, Intel juga berusaha menenangkan publik dengan merilis patch khusus untuk menambal celah keamanan tersebut. Intel juga baru saja mengumumkan, jajaran prosesor baru mereka bakal kebal dari Meltdown dan Spectre.

CEO Intel, Brian Krzanich menyampaikan langsung hal ini, melalui laporan finansial Intel terbaru. Menurut HotHardware, Krzanich mengatakan, pihaknya sedang mengembangkan arsitektur baru yang bakal kebal terhadap dua ancaman keamanan tersebut.

"Keamanan merupakan prioritas utama kami. Dalam jangka waktu dekat, kali ini kami akan fokus mengembangkan arsitektur baru yang akan melindungi konsumen kami terhadap dua celah keamanan tersebut," kata Krzanich.

"Kami juga bekerja sama dengan pihak lain untuk memastikan arsitektur baru ini kebal terhadap Meltdown dan Spectre."

Jika merujuk pada rencana perilisan prosesor Intel sebelumnya, arsitektur baru yang dimaksud diperkirakan merupakan Cannon Lake. Ini adalah arsitektur penerus Cofee Lake yang rencananya bakal tampil di prosesor Intel generasi ke-9.

Cannon Lake dikatakan akan menggunakan pemrosesan 10nm dan diklaim bakal tampil dengan performa dan konsumsi daya yang lebih baik dari sebelumnya. Setelah Cannon Lake, Intel akan merilis arsitektur Ice Lake yang masih menggunakan pemrosesan 10nm. Setidaknya, jajaran prosesor yang menggunakan dua arsitektur tersebut bakal kebal terhadap Meltdown dan Spectre.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: