sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Jumat, 18 Des 2020 09:51 WIB

Instagram Lite dirilis lagi setelah disempurnakan

Facebook akan menghadirkan kembali Instagram Lite setelah penyempurnaan. Aplikasi ini sebelumnya dihapus karena pengembang mengidentifikasi sejumlah masalah.

Instagram Lite dirilis lagi setelah disempurnakan
Source: Pexels

Facebook dikabarkan tengah mengembangkan kembali versi lite dari Instagram. Kabar ini disampaikan langsung oleh VP Product Instagram Vishal Shah pada acara Facebook Fuel di India. Seperti diketahui, Instagram Lite dihapus dari Google Play Store sekitar tujuh bulan yang lalu, karena pengembang ingin menyempurnakan aplikasi tersebut. Pada Rabu (16/12), Instagram Lite sedang diuji dan diperbarui oleh pengembang di India. Mereka berharap proses ini dapat menambah kekuatan versi lite aplikasi tersebut sebelum waktu peluncuran.

Dilansir dari TechCrunch (18/12), Instagram Lite terbaru hanya akan memerlukan ruang kurang dari 2MB. Mereka mengklaim, pembaruan ini memberikan layanan sosial yang cepat, andal, dan responsif. Untuk pemasangan di Android, Instagram Lite akan mendukung bahasa Bangla,Gurajati, Hindi, Kanada, Malayalam, Marathi, Punjabi, Tamil, dan Telugu. Sementara fitur-fitur inti, seperti Reel, Shopping, dan IGTV tidak akan didukung.

Facebook diam-diam menghentikan Instagram Lite pada Mei lalu. Dua bulan kemudiam, Shah angkat bicara dan mengatakan bahwa perusahaan telah mengidentifikasi beberapa masalah yang ada di aplikasi dan sedang bekerja untuk mengatasinya. Lalu pada September, Instagram Lite sempat terlihat di luar Google Play Store, namun Facebook tidak mengakuinya.

Versi ringan dari aplikasi menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki sejumlah keterbatasan di ponselnya, seperti minim memori dan data internet. Facebook Lite contohnya, aplikasi ini memiliki sekitar 40 juta pengguna akfif bulanan di India bulan lalu, sedangkan Messenger Lite memiliki 13 juta pengguna berdasarkan laporan data dari App Annie.

Di sisi lain, Facebook Fuel juga mengumumkan edisi “Born on Instagram” yang merupakan program satu tahun yang dibuat untuk para konten kreator agar lebih memahami dan memanfaatkan Instagram untuk berkolaborasi satu sama lain dan mengeksplorasi peluang monetisasi.

“Dengan uji Instagram Lite dan edisi “Born on Instagram” berikutnya, kami bertujuan unutk mendemokrasikan ekspresi dan kreativitas banyak orang di India,” kata Shah.

Share
×
tekid
back to top