sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Jumat, 24 Mar 2023 15:05 WIB

Ini ecommerce pilihan seller awal Ramadan 2023

Shopee duduki urutan teratas top-of-mind dan paling sering digunakan oleh seller. Dengan demikian dinilai menghasilkan omzet terbesar dan keuntungan terbanyak.

Ini ecommerce pilihan seller awal Ramadan 2023

Saat ini, marketplace bisa dibilang telah menjadi platform berjualan yang dapat diandalkan oleh para seller di Indonesia. Hal ini tidak bukan adalah lantaran meningkatnya minat masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan secara online.

Berkaca dari hasil survei terbaru Ipsos (perusahaan riset pasar global), tiga manfaat utama yang paling dirasakan oleh pada online seller ketika menggunakan platform marketplace adalah membantu meningkatkan omzet penjualan (84%), memperluas jangkauan pasar (72%), serta membantu menghemat biaya promosi yang dikeluarkan (69%).

Seller banyak terbantu oleh platform marketplace untuk mengembangkan bisnis dan meraih keuntungan. Hasil survey Ipsos lain menyatakan bahwa Shopee (65%) diasosiasikan sebagai marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis para online seller, berada di atas Tokopedia (16%), TikTok Shop (9%), serta Lazada (6%).

Lebih dari itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59%) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller. Ini kemudian diikuti oleh Tokopedia (20%) di urutan kedua, dan TikTok Shop (8%), dan Lazada (7%).

“Melalui survei ini, kami juga ingin mengidentifikasi brand/merek platform marketplace mana yang menjadi pilihan utama penjual dalam memasarkan produk mereka serta faktor-faktor apa saja yang menentukan pilihan tersebut”, kata Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Andi Sukma.

Agar dapat mengetahui seberapa baik citra pemain platform marketplace menurut para seller, Ipsos menggunakan beberapa indikator sebagai berikut:

- Pada indikator Top Of Mind (TOM), Shopee unggul dibanding marketplace lainnya. Shopee (67%) menempati urutan pertama di benak online seller, diikuti oleh Tokopedia (16%), TikTok Shop (6%), serta Lazada (6%). Artinya ketika para online seller mendengar platform marketplace, Shopee menjadi merek yang pertama kali muncul di benak mayoritas seller.

- Berdasarkan indikator Brand Used Most Often (BUMO), platform marketplace yang paling sering digunakan oleh mayoritas online seller adalah Shopee unggul di peringkat pertama dengan angka 80%, disusul oleh Tokopedia (10%), TikTok Shop (6%), dan Lazada (3%).

- Menggunakan pendekatan Loyalty Ratio, diketahui performa Shopee dinilai sangat baik dengan persentase 84%, diikuti oleh Tokopedia (14%), TikTok Shop (10%), dan Lazada (6%).

Share
×
tekid
back to top