sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
Kamis, 23 Jan 2020 15:20 WIB

India bakal kirim robot humanoid wanita ke ISS

Robot humanoid bernama Vyommitra milik India ini akan dikirim ke ISS bersamaan dengan misi ketiga mereka, Chandrayaan-3.

India bakal kirim robot humanoid wanita ke ISS

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) hingga saat ini belum mendapatkan hasil terbaik terhadap misi luar angkasanya. Pada September lalu, ISRO berharap India akan menjadi negara keempat yang mendaratkan pesawat ruang angkasa di bulan dengan misi Chandrayaan-2, tetapi pesawat ruang angkasa itu mendarat karena kesalahan pengereman.

Kegagalan ini tidak membuat mereka menyerah. Kepala ISRO, Kailasavadivoo Sivan mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan misi ketiga mereka, Chandrayaan-3, telah mendapat lampu hijau dan dapat diluncurkan pada awal tahun ini.

Untuk operasi kali ini, mereka mengirim robot humanoid perempuan bernama Vyommitra dalam misi tak berawak. Penerbangan tak berawak adalah bagian dari proyek Gaganyaan yang lebih besar, yang akhirnya akan mengirim astronot India ke luar angkasa, seperti dilaporkan Engadget (23/1/2020).

Vyommitra memiliki beberapa fitur, salah satunya dapat berbicara dan menanggapi percakapan dari orang lain. "Aku bisa menjadi temanmu dan berkomunikasi dengan para astronot, mengenalinya dan juga menanggapi pertanyaan mereka," katanya dengan aksen India yang kental.

Robot itu juga dapat meniru kru manusia seperti mengoperasikan panel switch, menurut kepala ISRO Sivan. Namun, meski Vyommitra dapat mengobrol dengan para astronot, dia tidak dibuat untuk menjadi seperti mereka. Robot itu bahkan tidak memiliki tubuh seperti manusia seutuhnya.

"Ini disebut setengah manusia karena tidak memiliki kaki," kata ilmuwan ISRO, Sam Dayal. "Dia hanya bisa menekuk ke samping dan ke depan. Itu akan melakukan eksperimen tertentu dan akan selalu tetap berhubungan dengan pusat komando ISRO."

Vyommitra akan bergabung dengan misi tak berawak yang telah direncanakan ISRO untuk Desember 2020 dan Juni 2021.

Seperti diketahui, Vyommitra bukan robot pertama yang pergi ke luar angkasa. Robot tanpa kaki Robonaut 2 diluncurkan ke ISS pada 2011, dan melakukan percobaan dalam posisi diam di dalam pesawat. Ada juga Kirobo, robot humanoid Jepang yang dikembangkan untuk menghibur para astronot dan dikirim ke ISS pada tahun 2014.

Share
×
tekid
back to top