sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Senin, 20 Mei 2024 08:56 WIB

Huawei HarmonyOS NEXT ikuti cara Apple dalam distribusi aplikasi internal

Dalam update pengembang baru-baru ini, Huawei mengumumkan metode baru untuk melakukan sideload aplikasi di OS-nya.

Huawei HarmonyOS NEXT ikuti cara Apple dalam distribusi aplikasi internal

Selama bertahun-tahun, pengguna iPhone mengandalkan sertifikat perusahaan untuk menginstal aplikasi yang belum didukung oleh App Store. Kini, tampaknya HarmonyOS NEXT Huawei mengambil jalur serupa.

Dalam update pengembang baru-baru ini, Huawei mengumumkan metode baru untuk melakukan sideload aplikasi di OS-nya. Dilansir dari Gizmochina (20/5), prosesnya melibatkan pengembang yang menyusun dan mengemas aplikasi dengan sertifikat dan profil yang dikeluarkan secara internal oleh organisasi mereka.

Paket akhir dan file deskripsi kemudian diunggah ke server atau penyimpanan cloud untuk diunduh dan diinstal secara langsung oleh pengguna. Aplikasi ini tidak ditujukan untuk khalayak konsumen yang luas, melainkan untuk kelompok pengguna tertentu, seperti alat atau program internal perusahaan.

Menurut Huawei, fitur tersebut ditujukan untuk “aplikasi HarmonyOS yang tidak sesuai atau tidak ingin dirilis secara publik di Huawei App Market.” Pengembang juga mempunyai opsi untuk memanfaatkan fitur AppGallery Connect (AGC) Huawei untuk distribusi skala kecil melalui saluran yang ditentukan.

Meskipun memberi pengembang lebih banyak kebebasan, hal ini memiliki batasannya sendiri. Saat ini, metode rilis aplikasi internal hanya mendukung aplikasi HarmonyOS yang dibuat menggunakan model Stage, dan fitur seperti layanan meta belum kompatibel.

Selain itu, pengguna harus mengaktifkan aplikasi secara manual agar dapat berjalan di perangkat. Mereka dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Sistem > Manajemen Perangkat dan Aplikasi Perusahaan > Manajemen Aplikasi Perusahaan dan secara manual memberikan izin agar aplikasi berfungsi.

Langkah Huawei sebenarnya tidak terduga. Mengesampingkan aplikasi menawarkan fleksibilitas yang besar, terutama bagi pengembang yang ingin melewati persetujuan App Market untuk kasus penggunaan tertentu.

Namun, mungkin juga ada beberapa masalah keamanan. Berbeda dengan penawaran App Market yang dikurasi, aplikasi yang di-sideload tidak memiliki pengawasan resmi, sehingga meningkatkan risiko malware atau perangkat lunak yang disusupi.

Share
×
tekid
back to top