Grab siapkan layanan asuransi digital

Grab baru saja menambah layanan lainnya, setelah bekerja sama dengan ZhongAn China untuk memperkenalkan layanan asuransi.

Grab siapkan layanan asuransi digital (Foto: Vulcan Post)

Grab dikenal sebagai perusahaan ride hailing asal Singapura. Perusahaan itu juga menawarkan layanannya di Indonesia sehingga namanya tak asing di telinga masyarakat. Selain layanan ride hailing, Grab juga menawarkan layanan lainnya seperti layanan antar makanan, pengiriman barang dan lainnya.

Rupanya sejumlah layanan itu belum terasa cukup bagi Grab. Laporan TechCrunch menyebutkan Grab baru saja menambah layanan lainnya, setelah bekerja sama dengan ZhongAn China untuk memperkenalkan layanan asuransi.


BACA JUGA

Kini penumpang bisa stop Bajay di Grab

Kini pengguna Grab bisa pesan hotel lewat aplikasi

Startup asal Jerman berhasil uji coba pesawat terbang listrik


Grab dan ZhongAn International mengatakan hari ini mereka akan membuat layanan asuransi digital di seluruh Asia Tenggara. Grab menyebut akan bermitra dengan perusahaan asuransi untuk menawarkan layanan melalui aplikasinya. Chubb, akan menjadi perusahaan pertama yang menawarkan pinjaman mikro kepada mitra pengemudinya. Mitra yang akan menadapatkan layanan asuransi itu yakni mitra pengemudi di Singapura.

ZhongAn sendiri merupakan yang didukung oleh raksasa asuransi China - PingAn dan Alibaba. Dilansir TechCrunch (16/1), ZhongAn dibanggakan karena menjadi platform asuransi digital pertama di China.

Ekspansi layanan bisnis ini dilakukan setelah Singapore Life - perusahaan asuransi online Singapura, menyelesaikan bagian kedua dari putaran pendanaan USD33 juta. Dana tersebut ditujukan untuk memperluas bisnis Grab di Asia Tenggara.

Kemitraan ZhongAn dengan Grab akan menambah fungsi lain dari bisnis fintech perusahaan. Dengan begitu, pelanggan maupun mitra Grab nantinya bisa lebih mudah melakukan pembayaran premi asuransi online.

Upaya ini pun merupakan bagian dari perluasan strategi Grab untuk menjadi aplikasi super, tak hanya menawarkan layanan ride hailing. Sebagai contoh, aplikas Meituan dan WeChat menjadi aplikasi super karena menyajikan beragam layanan selain layanan perpesanan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: