Google sediakan kursus machine learning gratis untuk developer

Google merilis kursus baru yang disebut Machine Learning Crash Course (MLCC). Kursus ini tersedia secara gratis dan bisa dipelajari dalam bahasa Indonesia.

Google sediakan kursus machine learning gratis untuk developer (Foto: Lely Maulida/Tek.id)

Google berhasil mengedukasi 110 ribu developer di Indonesia. Inisiasi ini bermula dari permintaan Presiden Joko Widodo pada 2016 kepada Google untuk menciptakan 100 ribu developer Tanah Air hingga 2020. Namun rupanya di tahun ini Google berhasil melatih lebih dari permintaan yang diharapkan. 

Melanjutkan program tersebut, Google terus mengembangkan dukungannya mencetak developer di Indonesia. Di antara program yang disediakan adalah Google Developers Kejar, Developer Student Club dan Faculty Training.


BACA JUGA

Google bakal ajarkan pelafalan berbagai bahasa

Programmer muda ditemukan meninggal di kantor pusat Google

Google hapus 22 aplikasi ini dari Play Store


Selain itu, Google juga meluncurkan kursus baru yang disebut Machine Learning Crash Course (MLCC). Kursus ini tersedia secara gratis dan bisa dipelajari dalam bahasa Indonesia. Tentu ini mempermudah developer untuk mempelajari machine learning. Klik disini untuk mengikuti kursus MLCC.

MLCC merupakan bagian dari "Learn with Google AI", yaitu sejumlah sumber daya yang disatukan guna memberikan informasi terkait machine learning. Melalui program ini, peserta bisa mendapat pelatihan pemrograman, visualisasi interaktif, hingga video dari pakar machine learning di Google.

Menurut Danny Ardianto, Public Policy and Goverment Relations Manager, Google Indonesia di Jakarta (6/12), "Untuk Indonesia, kami berkomitmen membantu siswa, developer dan bisnis untuk memanfaatkan kekuatan Artificial Intelligence (AI). Penggemar machine learning bisa dengan mudah akses kursus gratis dalam bahasa Indonesia. Peluncuran ini hanya langkah kecil dalam pembelajaran machine learning. Tapi ini akan mengurangi waktu dan mempermudah memecahkan masalah,"

MLCC juga telah digunakan oleh lebih dari 20 ribu karyawan Google. Tak hanya itu, kursus tersebut juga telah digunakan oleh dua juta developer di India, Indonesia dan Afrika. 

Program kursus online baru ini harapannya mampu mengundang banyak developer Tanah Air untuk lebih mudah mempelajari machine learning. Dengan begitu, mereka bisa berkontribusi memecahkan permasalahan lokal.

Meski kursus baru hadir, beberapa program Google Developer masih akan terus berjalan guna membantu edukasi developer di Indonesia. Untuk diketahui, Google Developer Kejar merupakan program kursus gratis yang disediakan Google, bekerjasama dengan pihak ketiga penyedia kursus coding seperti, Dicoding.

Dalam program ini, Google menyediakan sejumlah fasilitas seperti materi untuk melatih calon developer guna mengembangkan program Android. Dengan mengikuti program ini, peserta juga berkesempatan mendapatkan sertifikasi Android.

Developer Student Club (DSC) sendiri merupakan komunitas yang saling berbagi terkait dunia developer dan coding. Komunitas ini dipimpin oleh DSC Lead yang dipilih oleh Google secara langsung. DSC Lead kemudian bertugas membagikan wawasannya terkait coding kepada anggota komunitas. 

Sementara itu, Faculty Training merupakan kursus gratis yang disediakan Google untuk kalangan pendidik. Hasilnya nanti adalah kurikulum yang bisa diterapkan di perguruan tinggi terkait dunia coding. Dari beberapa program itu, Google berkontribusi menyediakan materi coding untuk Android secara gratis. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: