sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
Sabtu, 31 Jul 2021 19:07 WIB

Google Meet akhirnya punya aplikasi untuk dekstop

Google baru saja meluncurkan aplikasi Google Meet untuk dekstop. Google Meet versi PWA ini membuat pengguna tidak perlu membuka situs web saat ingin mengaksesnya di dekstop.

Google Meet akhirnya punya aplikasi untuk dekstop
Credit: Google

Google Meet saat ini tidak hanya dapat diakses melalui situs web melalui dekstop. Terbaru, Google telah membuat Google Meet dalam bentuk Progressive Web App (PWA). Perlu diketahui, PWA merupakan aplikasi yang berisi situs web. Jadi, PWA bukan merupakan aplikasi mandiri dari Google Meet, melainkan aplikasi yang akan berjalan untuk membuka situs web dengan tampilan yang disesuaikan.

Sesuai kabar yang dilayangkan dalam posting blog Google Workspace, Google Meet akhirnya mendapatkan peningkatan untuk dapat diakses melalui aplikasi, tapi dalam bentuk PWA. Google Meet versi PWA tidak memiliki fitur tambahan, pengguna tetap memiliki akses fitur yang sama dengan di situs web.

Google Meet versi PWA dibuat untuk terlihat dan beroperasi seperti aplikasi mandiri pada umumnya. Google mengatakan dengan kehadiran peningkatan ini, dapat membuat Google Meet lebih mudah untuk ditemukan dan digunakan. Google Meet versi PWA akan menyederhanakan alur kerja pengguna, yang sebelumnya harus membuka tab di browser desktop.

Dengan Google Meet versi PWA, pengguna tidak perlu membuka browser dan menuju ke situs web. Pengguna kini bisa langsung mengakses Google Meet beserta fitur yang tersedia dengan hanya mengetuk aplikasi.

Untuk menginstal Google Meet versi PWA di dekstop, Anda perlu mengunjungi situs web Google Meet melalui browser Chrome terlebih dahulu. Kemudian, Anda akan menemukan ikon install yang berada di ujung paling kanan bilah setelah URL. Selain itu, Google mengatakan pengguna juga akan dapat menemukan pilihan untuk mencoba PWA ketika mengunjungi situs web Google Meet.

Setelah Anda menginstal PWA, Anda akan dapat menemukan dan mengaksesnya dari peluncur aplikasi yang ada di desktop Anda. Google Meet versi PWA ini tersedia untuk desktop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS, Windows, macOS, dan Linux.

Sementara itu, dilansir Android Ccentral (31/7), penambahan PWA untuk Google Meet ini hadir tepat sebulan setelah Zoom juga meluncurkan versi terbaru dari PWA-nya. Tapi Zoom versi PWA yang baru diluncurkan ini, memiliki sejumlah peningkatan fitur dan kinerja secara signifikan di banding sebelumnya.

Share
×
tekid
back to top