sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 09 Jun 2022 16:05 WIB

Google Maps kini bisa tunjukkan kualitas udara di sekitar

Google Maps kini menghadirkan fitur baru yang menampilkan kualitas udara di sekitar lokasi yang ingin dituju pengguna.

Google Maps kini bisa tunjukkan kualitas udara di sekitar

Kualitas udara saat ini menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika akan mengunjungi suatu tempat. Selain pemandangan dan fasilitas yang ada, kualitas udara merupakan hal penting karena dapat mempengaruhi kesehatan. 

Sepertinya hal ini juga menjadi pertimbangan Google Maps untuk menghadirkan fitur terbarunya. Melansir dari GSMArena (9/6), Google Maps sekarang mempunyai fitur yang dapat menampilkan kualitas udara di sekitar lokasi pengguna. 

Fitur baru yang diluncurkan oleh Google untuk aplikasi GPS mereka ini disebut dengan Air Quality. Fitur tersebut akan menunjukkan kualitas udara yang ditampilkan dalam Air Quality Index (AQI) dengan angka kualitas udara antara 0-400 dan tampilan warna dari hijau ke merah. 

Semakin buruk kualitas udara yang terdapat di lokasi, indikator akan menampilkan tampilan warna mulai dari kuning hingga merah. Sedangkan untuk kualitas udara yang baik, indikator tersebut akan memperlihatkan warna hijau pada tampilan aplikasi Google Maps pengguna. 

Data mengenai kualitas udara ini berasal dari pihak ketiga yang menyediakan sensor pendeteksi kualitas udara di wilayah tersebut. Di samping itu, Google juga bekerja sama dengan lembaga analisa dari pemerintah untuk mengetahui kondisi udara pada waktu terkini. 

Lewat fitur Air Quality ini, pengguna dapat melihat nomor Indeks Kualitas Udara (AQI) pada lokasi yang dituju bersama dengan panduan untuk aktivitas di luar ruangan dan kapan informasi tersebut terakhir kali diperbarui. Sehingga dengan melihat Google Maps, pengguna dapat membuat keputusan yang tepat kegiatan yang akan mereka lakukan. 

Fitur Air Quality kini sudah dapat diakses di wilayah Amerika Serikat. Untuk menghadirkan informasi kualitas udara terkini, Google bekerja sama dengan lembaga pemerintah Environmental Protection Agency (EPA) dan jaringan sensor udara PurpleAir untuk menampilkan informasi kualitas udara. 

Sayangnya, fitur tersebut hingga saat ini hanya tersedia secara eksklusif di negara Amerika Serikat. Belum ada informasi yang lebih lanjut mengenai kapan fitur Air Quality ini akan diluncurkan untuk pengguna global.

Share
×
tekid
back to top