Google Fast Pair bisa digunakan lintas ponsel Android

Fitur ini berguna untuk menghubungkan ponsel ke perangkat headset bluetooth dengan sangat cepat. Informasi sinkronisasi Fast Pair bakal bisa dibagi ke ponsel Android lain.

Google Fast Pair bisa digunakan lintas ponsel Android Source: Google

Anda familiar dengan fitur bernama Fast Pair di ponsel Android? Fitur ini akan memungkinkan pengguna Android untuk menghubungkan berbagai perangkat headset dan speaker bluetooth dengan cepat. Syaratnya, ponsel Android tersebut harus sudah pernah terhubung dengan speaker bluetooth yang sama sebelumnya.

Fitur ini hanya bekerja di sistem operasi Android 6 ke atas. Ponsel android akan langsung mengenali perangkat speaker atau headset bluetooth yang pernah terhubung dengannya. Kemudian, akan muncul notifikasi di ponsel untuk langsung menghubungkan ponsel dengan perangkat tersebut.


BACA JUGA

Google blokir 210 akun YouTube terkait protes di Hong kong

Google Photos kini bisa copy/paste teks dari foto

Google rancang algoritma penerjemah bahasa isyarat


Fast Pair sebenarnya sudah ada sejak Oktober tahun lalu. Namun tingkat adopsinya masih tergolong rendah. Pasalnya, perangkat bluetooth perlu memiliki teknologi serupa agar bisa mendukung koneksi Fast Pair ini.

Hanya ada beberapa perangkat JayBirds yang mendukung Fast Pair, dan Anker serta Bose yang baru-baru ini juga menyediakan perangkat serupa. Meski begitu, Google tampaknya masih optimistis dengan Fast Pair. Raksasa teknologi ini menyatakan dukungan Fast Pair untuk digunakan lintas ponsel Android.

Nantinya, jika ponsel sudah pernah melakukan sinkronisasi dengan headset atau speaker bluetooth yang mendukung Fast Pair, data sinkronisasi tersebut akan tersimpan di akun Google penggunanya.

Selanjutnya, data ini tetap akan terbaca di ponsel Android lain, hanya dengan mendaftarkan akun Google yang sama di ponsel tersebut.

Di samping dukungan informasi lintas perangkat, Google juga mengumumkan hadirnya Fast Pair pada perangkat Chromebook di tahun 2019.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: