sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Rabu, 27 Mar 2024 15:04 WIB

Google Chat kini dukung pesan suara, hanya untuk pengguna Google Workspace premium

Ada saat-saat di mana mengetik pesan bukanlah opsi yang paling efisien, dan disinilah pesan suara hadir untuk mengatasi hal tersebut.

Google Chat kini dukung pesan suara, hanya untuk pengguna Google Workspace premium

Google baru saja mengumumkan penyempurnaan penting untuk aplikasi Google Chat-nya dengan memperkenalkan fitur pesan suara untuk perangkat mobile. Fitur ini telah dinantikan oleh banyak pengguna dan sekarang hadir untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dalam berkomunikasi.

Ada saat-saat di mana mengetik pesan bukanlah opsi yang paling efisien, dan disinilah pesan suara hadir untuk mengatasi hal tersebut. Menggunakan pesan suara, terutama saat sedang bepergian, memiliki beberapa keunggulan. Selain menghemat waktu, pesan suara juga sangat membantu untuk menjaga nuansa dan nada pesan yang penting. Ini juga menjadi alat aksesibilitas yang penting bagi pengguna dengan keterbatasan dexterity atau masalah penglihatan.

Dilansir dari Phone Arena (27/3), meskipun Google agak terlambat dalam menghadirkan fitur ini, tetapi langkah ini patut diapresiasi. Google juga berjanji akan menambahkan fitur transkripsi untuk pesan suara, yang akan diluncurkan kepada pengguna dalam beberapa bulan mendatang. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk mencari pesan suara dan lebih mudah dikonsumsi oleh mereka yang lebih suka membaca daripada mendengarkan.

Pengguna sekarang dapat mengirim dan menerima pesan suara di Google Chat untuk Android dan iOS, baik dalam pesan langsung, obrolan grup, maupun ruang. Meskipun pengguna dapat menerima pesan suara di web, namun saat ini mereka belum dapat mengirimnya melalui browser. Namun, perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Google Workspace yang berbayar, khususnya mereka di tingkat Enterprise.

Bagi mereka yang beruntung mendapatkan fitur ini, proses penggunaannya cukup sederhana: cukup buka obrolan atau ruang, ketuk ikon mikrofon, mulai berbicara, dan kirim. Pesan suara yang terkirim akan berfungsi seperti pesan teks, memungkinkan pengguna untuk mengutip, bereaksi, dan membalas pesan tersebut.

Pengenalan fitur ini akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pengguna di jalur ‘Rapid Release’ pada 26 Maret, dengan penyebaran ke semua pengguna dalam waktu dua minggu. ‘The Scheduled Release’ akan mengikuti pada 15 April, dengan jadwal yang sama.

Tag
Share
×
tekid
back to top