sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Kamis, 16 Mei 2024 11:10 WIB

Fitur canggih di Android 15: Private Space dan Theft Detection Lock

Private Space berfungsi seperti brankas digital di ponsel untuk menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin dilihat orang lain.

Fitur canggih di Android 15: Private Space dan Theft Detection Lock

Google mengumumkan sejumlah fitur baru untuk Android 15 yang akan dirilis tahun ini. Salah satu fitur utama adalah Private Space, yang berfungsi seperti brankas digital di ponsel untuk menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin dilihat orang lain. Fitur ini memungkinkan pengguna menyembunyikan aplikasi perbankan atau investasi agar hanya dapat diakses oleh pemiliknya dengan verifikasi sidik jari.

Fitur menarik lainnya adalah Theft Detection Lock. Dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI), fitur ini dapat mendeteksi apakah ponsel dicuri dari tangan pemiliknya. Jika terdeteksi adanya tindakan pencurian, ponsel akan segera terkunci untuk mencegah informasi pribadi jatuh ke tangan yang salah.

Dilansir dari Phone Arena (16/5), Google juga meningkatkan Google Play Protect dengan AI yang mampu mendeteksi aplikasi yang berpotensi melakukan penipuan dan phishing. AI akan menganalisis penggunaan izin sensitif dan interaksi aplikasi untuk mendeteksi ancaman. Jika ditemukan aplikasi berbahaya, Google akan meninjau, memberi peringatan kepada pengguna, dan menonaktifkan aplikasi tersebut jika diperlukan.

Pengguna Android 15 juga dapat menambahkan kartu baru ke Google Wallet dengan menggunakan foto. Kartu acara, kartu perpustakaan, kartu asuransi mobil, kartu keanggotaan gym, dan lainnya dapat diubah menjadi versi digital di Google Wallet. Fitur ini akan segera tersedia di Amerika Serikat.

Selain itu, konten augmented reality (AR) akan hadir di Google Maps melalui Lens in Maps dan Street View. Pengguna dapat mencari lokasi di Google Maps dan jika terdapat lencana "AR Experience," mereka dapat mengetuknya untuk mendapatkan informasi secara lebih imersif.

Fitur Fast Pair akan membantu menghubungkan perangkat Android dengan aksesori dan melacak baterai aksesori yang terhubung. Dengan fitur Find My Device terbaru yang dirilis bulan ini, pengguna dapat menggunakan tag pelacak Bluetooth dari Chipolo dan Pebblebee untuk menemukan kunci, bagasi, dan dompet yang hilang melalui aplikasi Find My Device.

Wear OS juga mendapatkan pembaruan. Perangkat Wear OS yang baru diluncurkan tahun lalu meningkatkan jumlah pengguna hingga 40% pada tahun 2023. Jam tangan baru dari OnePlus, OPPO, dan Xiaomi yang menjalankan Wear OS 5 akan memiliki optimisasi baterai yang dapat mengurangi konsumsi baterai hingga 20% bagi pelari maraton dibandingkan jam tangan dengan Wear OS 4. Pembaruan ini juga menambahkan metrik baru untuk melacak latihan kebugaran seperti waktu kontak dengan tanah, panjang langkah, dan osilasi vertikal.

Share
×
tekid
back to top