sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Senin, 27 Mei 2024 14:58 WIB

Fitur baru iOS 18: Pengguna iPhone bisa kustomisasi warna ikon aplikasi dan menempatkannya di mana saja

iPhone akan bisa melakukan kustomisasi warna ikon aplikasi dan menempatkannya di mana saja pada layar.

Fitur baru iOS 18: Pengguna iPhone bisa kustomisasi warna ikon aplikasi dan menempatkannya di mana saja

Apple akan segera meluncurkan pembaruan besar-besaran untuk sistem operasi iPhone dengan memperkenalkan iOS 18. Menurut laporan terbaru Mark Gurman dari Bloomberg (27/5), pengguna iPhone akan bisa melakukan kustomisasi warna ikon aplikasi dan menempatkannya di mana saja pada layar.

Fitur ini diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam mengorganisir aplikasi sesuai kebutuhan dan preferensi masing-masing. Misalnya, pengguna bisa mengelompokkan aplikasi media sosial dengan satu warna, sementara aplikasi kesehatan dengan warna lain. Hal ini tidak hanya memberikan kebebasan lebih dalam pengaturan antarmuka, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna.

Selain fitur kustomisasi ikon, iOS 18 juga akan memperkenalkan inisiatif kecerdasan buatan (AI) yang disebut "Project Greymatter". AI ini akan diintegrasikan ke dalam aplikasi sistem inti seperti Notes, Photos, dan Safari, serta memberikan notifikasi yang lebih cerdas dan relevan.

Apple berencana untuk menjalankan sebagian besar fitur AI ini secara langsung di perangkat untuk hasil yang lebih cepat dan menjaga privasi pengguna. Namun, tugas-tugas yang lebih kompleks akan diproses melalui cloud dengan dukungan server yang menggunakan chip M2 Ultra. Tujuannya adalah untuk menciptakan fitur-fitur AI yang dapat mempermudah kehidupan sehari-hari pengguna iPhone.

Salah satu fitur AI yang menarik adalah kemampuan iPhone untuk membuat emoji kustom berdasarkan teks yang diketik pengguna. Ini memungkinkan pengguna memiliki emoji yang lebih personal dan sesuai situasi, selain dari koleksi emoji yang sudah ada.

Fitur lain yang dinantikan adalah ringkasan otomatis dari notifikasi, pesan, situs web, artikel berita, dan lainnya. Siri, asisten digital Apple, juga akan mendapatkan peningkatan signifikan yang membuatnya lebih alami dalam berinteraksi dengan pengguna. Siri di Apple Watch juga akan ditingkatkan untuk menangani tugas dan pertanyaan saat pengguna sedang bepergian.

Tak hanya itu, Apple juga akan memperkenalkan chatbot generatif AI dari OpenAI, ChatGPT, ke dalam iOS 18. Kemitraan ini diharapkan akan diumumkan secara resmi pada acara WWDC 2024 yang dijadwalkan pada 10 Juni mendatang. Apple juga dikabarkan sedang menjalin kesepakatan dengan Google untuk mengintegrasikan AI mereka jika diperlukan.

Menurut Gurman, pembaruan iOS 18 ini akan menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah iOS. Dengan hanya sekitar dua minggu lagi menuju acara WWDC, pengguna iPhone dapat menantikan banyak fitur baru yang menarik.

Share
×
tekid
back to top