sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 07 Jun 2024 09:59 WIB

Fitur AI pada iOS 18 hanya ada di iPhone 15 Pro ke atas

Apple sedang mengerjakan beberapa fitur kecerdasan buatan (AI) untuk seri iPhone 16 ke atas, yang juga diharapkan menjangkau model lawas dengan pembaruan iOS 18.

Fitur AI pada iOS 18 hanya ada di iPhone 15 Pro ke atas

Apple sedang mengerjakan beberapa fitur kecerdasan buatan (AI) untuk seri iPhone 16 ke atas, yang juga diharapkan menjangkau model lawas dengan pembaruan iOS 18. Namun, Mark Gurman baru-baru ini mengungkapkan bahwa fitur AI yang lebih canggih hanya akan diluncurkan ke iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Menurut Mark Gurman, fungsi AI dasar di iOS 18 akan berjalan di perangkat (on-device), sementara fitur yang lebih canggih memerlukan kemampuan pemrosesan yang lebih besar dan akan bergantung pada server Apple.

Menurut laporan sebelumnya, Apple juga sedang mengembangkan chip untuk dipasang di servernya guna menjalankan fitur AI tingkat lanjut. Laporan juga menyebutkan bahwa perusahaan berencana untuk menggunakan chip seri M di servernya untuk menangani pemrosesan AI.

Tidak menawarkan fitur AI berbasis cloud ke lebih banyak iPhone mungkin disebabkan oleh terbatasnya infrastruktur saat ini. Samsung dan Google juga mempertahankan banyak fitur AI mutakhir mereka secara eksklusif untuk model-model baru.

Dilansir dari Gizmochina (7/6) iOS 18 dilaporkan akan menyertakan fitur AI seperti peringkasan notifikasi (disebut Greymatter Catch Up), penghapusan objek dari gambar, aplikasi catatan yang diperbarui dengan kemampuan peringkasan dan konversi text-to-speech, dan banyak lagi. Perkembangan ini juga menambahkan kemampuan baru pada Siri, seperti kemampuan untuk membuka dokumen tertentu, menghapus email, meringkas artikel, dll.

Khususnya, sebagian besar fitur berbasis teks harus diklasifikasikan sebagai fitur dasar yang juga dapat dijalankan di perangkat. Jadi, model iPhone terbaru yang memenuhi syarat untuk iOS 18 (iPhone seri 11 ke atas, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone SE (generasi ke-2), iPhone SE (generasi ke-3)) bisa mendapatkan fitur-fitur tersebut. Namun, belum jelas fitur apa yang akan berjalan di perangkat.

Selain itu, Mark Gurman mengatakan mungkin ada beberapa fungsi berbasis AI pada perangkat yang dapat ditangani oleh model iPhone 15 Pro dan versi lebih baru, tetapi tidak dapat ditangani oleh model lama dan model iPhone 15 non-Pro dengan A16 Bionic. Fitur-fitur tersebut mungkin tetap eksklusif untuk model terbaru.

iPadOS 18 dan macOS 15 juga akan mendapatkan beberapa fitur AI. Menurut Gurman, persyaratan untuk perangkat macOS dan iPadOS setidaknya harus memiliki chip M1 atau versi yang lebih baru. Jadi, perangkat Mac yang didukung Intel juga tidak akan mendapatkan fitur tersebut. Hal ini masuk akal karena chip Intel dan chip Bionic pada model iPhone lama tidak memiliki NPU mumpuni yang diperlukan untuk menjalankan LLM pada perangkat.

Share
×
tekid
back to top