sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
Selasa, 17 Nov 2020 12:45 WIB

Gamer Animal Crossing: New Horizons punya kesehatan emosi terbaik

Dalam penelitian terbaru, disebutkan para gamer Animal Crossing: New Horizons memiliki kesehatan emosional terbaik.

Gamer Animal Crossing: New Horizons punya kesehatan emosi terbaik
Nintendo

Dalam beberapa penelitian mengenai perilaku gamer, banyak yang menyebutkan bahwa sebagian besar gamer memiliki kesehatan emosi yang kurang baik. Namun, di beberapa gim ditemukan bahwa para gamer memiliki kesehatan emosi yang sangat baik.

Salah satu gim yang diklaim memiliki gamer dengan kesehatan emosi terbaik adalah Animal Crossing: New Horizons. Dalam penelitian baru yang dilakukan oleh Peneliti Universitas Oxford, gim tersebut dimainkan oleh seseorang yang memiliki emosi positif di dunia nyata.

Peneliti Universitas Oxford menggunakan data dari Nintendo Switch dan Plants vs Zombies: Battle for Neighbor Ville untuk melihat bagaimana kestabilan emosi para gamer di dunia nyata.

Nintendo dan EA memberikan data anonim tentang waktu bermain untuk setiap gim. Data PvZ yang dikirimkan termasuk rincian tentang seberapa lama kehadiran gamer serta emoticon yang digunakan gamer. Informasi itu terkait dengan survei yang berisi pertanyaan tentang kesejahteraan pemain, dan 3.274 pemain mengambil bagian dalam studi tersebut.

“Melalui akses ke data tentang waktu bermain orang-orang, untuk pertama kalinya kami dapat menyelidiki hubungan antara perilaku gamer yang sebenarnya dan kesejahteraan subjektif, memungkinkan kami memberikan template untuk menyusun bukti berkualitas tinggi untuk mendukung pembuat kebijakan kesehatan,” kata para peneliti, seperti dikutip Engadget (17/11).

Penulis utama studi tersebut, Profesor Andrew Przybylski, mengatakan bahwa penelitian ini bertentangan dengan selama puluhan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya menunjukkan bahwa orang-orang cenderung tidak bahagia jika mereka semakin sering bermain game.

Dia mengatakan bahwa fitur sosial AC: New Horizons dan PvZ bisa menjadi alasan utama penyimpangan studi ini. "Saya tidak berpikir orang menghabiskan banyak waktu ke dalam permainan dengan aspek sosial kecuali mereka senang dengan fitur tersebut.”

Para peneliti menemukan bahwa pengalaman bermain gim pemain mungkin lebih penting untuk kesejahteraan mereka dibanding hanya jumlah waktu yang mereka habiskan untuk bermain. 

Gamer yang memperoleh "kenyamanan dari gim mengalami kesejahteraan emosi yang lebih positif," kata para peneliti. Selain itu, gamer mungkin menemukan gim sebagai metode yang berguna untuk terhubung dengan orang lain di tengah social distancing karena Covid-19 .

Namun, penelitian tersebut menunjukkan bahwa gim mungkin tidak dengan sendirinya menjadi obat untuk kesehatan emosional seseorang. Para peneliti mencatat bahwa temuan tersebut selaras dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan orang-orang dengan kebutuhan psikologisnya tidak terpenuhi di 'dunia nyata' mungkin menunjukkan emosi negatif dalam gim.

Share
×
tekid
back to top