sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Selasa, 20 Feb 2024 15:44 WIB

Dompet Dhuafa luncurkan DD Apps, mudahkan pengguna membayar zakat

Untuk mempercepat transformasi digital, Dompet Dhuafa luncurkan aplikasi DD Apps yang dapat mempermudah zakat, sedekah, donasi, dan lainnya langsung dari smartphone pengguna.

Dompet Dhuafa luncurkan DD Apps, mudahkan pengguna membayar zakat

Untuk memberikan kemudahan bagi para Gen Z untuk berzakat, Dompet Dhuafa secara resmi telah merilis aplikasi berbasis Android dan iOS mereka bernama DD Apps. Langkah ini dilakukan karena belakangan ini penggunaan layanan digital melalui aplikasi smartphone semakin digemari masyarakat.

Langkah ini dilakukan setelah sebelumnya pada masa pandemi mereka meluncurkan layanan berbasis web. Setelah dirasa memiliki jumlah pengguna yang terus meningkat, langkah digitalisasi tingkat selanjutnya pun seperti wajib dilakukan.

Bukan tanpa alasan, di Indonesia jumlah pengguna internet generasi Milenial tercatat mencapai 44% dan Gen Z sebesar 6%, yang juga mereka lihat ada potensi peningkatan hingga 15%. 

Yang menarik lagi, aplikasi ini juga dijadikan Dompet Dhuafa sebagai salah satu one stop solution app, dimana bukan hanya menawarkan layanan zakat, sedekah, donasi, dan lainnya, aplikasi ini juga memiliki fitur pengingat waktu shalat, kalkulator zakat penghasilan, informasi seputar Dompet Dhuafa, hingga memiliki layanan Tanya Ustaz yang akan dihubungkan langsung ke Ustaz atau Ustazah, bukan ke mesin.

“Mulai dari menawarkan layanan zakat, sedekah, donasi, dan lainnya, DD Apps juga dapat menjadi pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat. Pengguna dapat memantau pengelolaan dana menjadi program-program pemberdayaan, tentu transparansi pelaporan penggunaan dana, turut kami sajikan di DD Apps,” ujar Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti dalam agenda Gathering Jurnalis Tekno #MUDAHJADIBAIK, pengenalan DD Apps di Jakarta, Selasa (20/02).

Untuk menggunakan layanan ini, memang pengguna wajib untuk memiliki akun sebelum dapat menjalankannya. Hal ini dilakukan bukan semata untuk memperbesar aktivasi saja, namun juga akan dapat memudahkan pengguna melihat sejarah zakat, sedekah, donasi, dan lainnya, yang bisa mereka gunakan sebagai bukti peringanan saat melakukan lapor pajak.

Tak hanya sampai disitu saja, Senior Officer Penghimpunan Digital, Adi kurniawan mengatakan ada beberapa fitur unggulan lain yang ditawarkan DD Apps sehingga dapat mempermudah pengguna saat ingin melakukan zakat.

“DD Apps juga menyediakan fitur lainnya, seperti Laporan Publik Dompet Dhuafa yang dapat diakses oleh seluruh donatur. Untuk mengikuti aktivitas di Dompet Dhuafa, DD Apps dilengkapi fitur pendaftaran Care Visit bagi para donatur yang ingin terjun langsung ke program-program pemberdayaan dan fitur pendaftaran untuk menjadi bagian dari Gerakan kebaikan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV),” papar Adi.

“Ada pula fitur Berita Terbaru yang akan menginformasikan seluruh kegiatan kelembagaan Dompet Dhuafa. Pada Aplikasi Dompet Dhuafa masyarakat juga dapat memilih bantuan kemudahan dalam berdonasi, seperti layanan jemput zakat, penghitungan zakat dengan kalkulator zakat hingga konsultasi ziswaf.”

Ada lagi nih yang menarik. Di DD Apps, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur sedekah terjadwal secara otomatis, dimana dananya akan terpotong melalui akun Dana yang sebelumnya dapat ditautkan pengguna ke aplikasi tersebut.

Turut hadir juga Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara, Martin Adiyono dalam acara yang satu ini. Dia menyebut, kehadiran aplikasi ini merupakan upaya mereka untuk mempercepat proses transformasi digital Dompet Dhuafa.

Dia menyebut, meski memiliki dana yang cukup terbatas untuk mengembangkan aplikasi ini, mereka tidak mengesampingkan faktor keamanan. Apa lagi, ada data pengguna yang harus mereka amankan karena mereka sudah bekerjasama dengan Dana sebagai sumber dana utama.

“Yang dimana awalnya donasi dihimpun secara manual maupun dengan aplikasi pihak ketiga, Dompet Dhuafa memiliki ide, tujuan nya bisa donasi langsung, serta tercepat dalam notifikasi ke para donatur. DD Apps ini memiliki keamanan fitur, karena sebelum pada saat log in ada beberapa langkah yang harus diisi termasuk penggunaan kode OTP,” jelas Martin.

Selain melakukan transaksi melalui Dana, pengguna juga dapat melakukan transaksi melalui berbagai layanan e-wallet seperti OVO dan GoPay, VA, transfer bank, dan lainnya. Terakhir, di Ramadan mendatang, pengguna tak perlu lagi takut salah memilih aplikasi yang tepat untuk menunjang kebaikan Anda. Sebab, DD Apps akan mempermudah segala niat baik Anda. Karena melalui DD Apps, #MudahJadiBaik.

Share
×
tekid
back to top