sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
Jumat, 10 Apr 2020 12:46 WIB

Sejumlah dokter beri edukasi & konsultasi gratis di Instagram

Pahlawan medis di Indonesia telah bekerja sama untuk memberikan edukasi dan konsultasi kesehatan gratis terkait Covid-19 di Instagram.

Sejumlah dokter beri edukasi & konsultasi gratis di Instagram
Source: Unsplash

Selama beberapa minggu terakhir, masyarakat Indonesia telah menjalankan gerakan #dirumahaja sebagai dukungan terhadap himbauan pemerintah dalam menjaga jarak fisik. Gerakan ini juga telah mendorong setiap orang untuk menjadi lebih kreatif dalam berinteraksi dan menjalani aktivitas mereka sehari-hari. 

Di sisi lain pahlawan medis juga berjuang tanpa kenal lelah di garda terdepan, menunjukkan kreativitas mereka dalam mendukung gerakan #dirumahaja. Selain memberikan penanganan langsung bagi pasien di lapangan, para petugas medis juga bergandengan tangan memanfaatkan teknologi dan Instagram untuk menyebarkan informasi kesehatan, memberikan dukungan terhadap sesama rekan sejawat, hingga menyediakan konsultasi gratis melalui Instagram.

Termasuk dr. Alghufron, MMR (@alghufron) dan dr. Dianca Oetama (@dianca.oetama) yang telah memberikan layanan konsultasi gratis seputar Covid-19 melalui Instagram Direct mereka. Konsultasi gratis tersebut tentu akan memberikan kemudahan bagi para pasien yang membutuhkan pertolongan tim medis secara cepat tanpa harus mengunjungi rumah sakit yang saat ini berisiko menjadi sumber penyebaran Covid-19.

Selain itu, beberapa dokter lainnya juga menggunakan akun Instagram mereka untuk mengedukasi masyarakat seputar informasi terkait Covid-19 sesuai rujukan dan saran dari sumber-sumber organisasi kesehatan terpercaya secara interaktif dan menarik melalui Feed, Stories, dan IGTV. Termasuk dr. Mesty Ariotedjo (@mestyariotedjo) yang membagikan konten IGTV tentang urgensi penanganan Covid-19 melalui penerapan perilaku jaga jarak fisik (physical distancing) dan tes massal.

Diketahui dr. Listya Paramita, Sp.KK (@drmita.spkk) juga telah memberikan penjelasan seputar waktu terbaik untuk berjemur selama di rumah melalui IGTV. Pasalnya berjemur telah menjadi rutinitas yang tengah ramai dibicarakan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Bahkan dokter spesialis kandungan Gahrani Chen (@gahranichen) juga telah mencoba mengakomodasi pertanyaan-pertanyaan dari para calon ibu yang merasa resah di tengah pandemi Covid-19 ini, menggunakan Stiker Pertanyaan di Stories. Diketahui Instagram telah berkomitmen untuk mengambil bagian dalam memerangi pandemi dengan terus meningkatkan fitur-fitur di layanannya agar dapat mendukung ekspresi diri setiap pengguna selama #dirumahaja, menghubungkan mereka dengan hal-hal dan orang-orang yang mereka cintai, serta melindungi pengguna dari misinformasi terkait Covid-19.

Share
×
tekid
back to top