DeepMind AI bakal memulai pertandingan publik

DeeMind AI, kecerdasan buatan yang berhasil mengalahkan pemain StarCraft pro kini akan memulai debut dalam pertandingan publik.

DeepMind AI bakal memulai pertandingan publik Source: Google

Masih ingat dengan DeepMind, AI yang berhasil mengalahkan para pemain pro dalam gim StarCraft II? Nah, kabarnya Alphabet dan Blizzard akan menguji AlphaStar di pertandingan publik.  Ini akan menjadi tugas berat bagi para pemain StarCraft, pasalnya AlphaStar berhasil mengungguli pemain StarCraft profesional.

Dilansir dari Engadget (12/7), AI ini memiliki akumulasi pengetahuan yang setara dengan 200 tahun bermain StarCraft II. Untuk para gamer biasa, mengalahkan AlphaStar hanya sekadar mimpi. Namun pertandingan AlphaStar melawan manusia akan sangat menarik untuk disaksikan. 


BACA JUGA

Pluribus AI bisa kalahkan pemain poker profesional

Line Brain jadi bisnis terbaru perusahaan Line

AI dari MIT nantinya bisa tambahkan gambar otomatis


Untuk saat ini, hanya ada sebagian kecil pemain di Eropa yang berpartisipasi dalam program ini. Nantinya, para pemain tersebut tidak akan tahu bahwa mereka telah melawan AlphaStar. Sistem pencocokan pemain akan dilakukan secara random. Menang atau kalah melawan AlphaStar tentunya akan mempengaruhi MMR pemain StarCraft. 

Untuk dapat bermain melawan AlphaStar, setiap pemain bisa mengklik tombol ikut serta di dalam gim. Blizzard masih memberi kesempatan pada para pemain StarCraft jika mereka memilih untuk membatalkan partisipasinya. 

Eksperimen ini merupakan bagian dari penelitian lanjutan DeepMind. Hasil penelitian ini akan dirilis dalam makalah ilmiah. Tak hanya itu, rekaman ulang semua pertandingan StarCraft II itu juga akan dipublikasikan untuk melihat bagaimana AlphaStar bertanding melawan manusia. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: