sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 19 Agst 2022 11:51 WIB

ColorOS 13 resmi diluncurkan OPPO secara global

OPPO resmi meluncurkan sistem operasi ColorOS 13 secara global dengan sejumlah fungsi yang ditingkatkan.

ColorOS 13 resmi diluncurkan OPPO secara global

OPPO resmi meluncurkan ColorOS 13 secara global pada Kamis (18/8) kemarin dengan membawa sejumlah fungsi yang ditingkatkan. Ini termasuk Multi-Screen Connect, Always-On Display, AI System Booster, dan masih banyak lagi. 

“ColorOS 13 merupakan sistem operasi yang akan memberikan inovasi bagi pengguna kami untuk menjalani kehidupan yang lebih cerdas,” ungkap Gary Chen, Head of OPPO Software Product saat media briefing beberapa waktu lalu. 

Gary menambahkan, ColorOS 13 juga akan memberikan kinerja yang lebih baik dari sistem operasi pendahulunya. Menurutnya, hal ini tidak lepas dari adanya berbagai fitur yang ditingkatkan pada sistem operasi terbaru untuk perangkat OPPO tersebut. 

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi terbaru OPPO ini yaitu efek transisi yang lebih lembut dibandingkan dengan pendahulunya. Meski begitu, transisi yang berjalan di perangkat ini tetap akan terlihat alami sehingga semakin mudah untuk digunakan. 

Lewat kerja sama dengan Android, ColorOS 13 akan menawarkan pengalaman mengoperasikan perangkat yang ringkas, nyaman dan lancar. Melalui fitur AI System Booster, ponsel diklaim dapat berjalan makin lancar untuk pemakaian harian, termasuk saat bermain gim. 

Sementara itu, fitur Always-On Display yang disematkan pada ColorOS 13 juga telah mengalami peningkatan dari pendahulunya. Hal ini membuat pengguna dapat mengontrol aplikasi serta memeriksa informasi tambahan tanpa perlu membuka kunci layar. Ketika dalam mode Always-On, kecepatan refresh juga telah diturunkan menjadi 1 Hz guna menghemat lebih banyak daya. 

Lebih lanjut, ColorOS 13 juga terinspirasi dengan fitur keamanan dan privasi pada Android 13 dan memiliki serangkaian fitur penyesuaian yang serupa dengan Google Material You. Sistem operasi ini juga mengusung desain Aquamorphic yang terinspirasi dari air mengalir guna membawa energi yang damai dan menenangkan kepada pengguna mereka. 

Saat ini ColorOS 13 sudah dapat dinikmati di perangkat Find X5 dan Find X5 Pro. OPPO mengatakan, penggunaan sistem operasi ColorOS 13 di Find X5 Pro dapat menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama, yakni 34 jam penggunaan biasa, 22 jam untuk memutar video, 9 jam saat gaming, dan 8 jam ketika melakukan panggilan video. 

Sementara itu, smartphone Reno8 Pro 5G akan mendapatkan pembaruan versi Beta pada September, disusul dengan Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022. OPPO kemudian akan terus menghadirkan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

Share
×
tekid
back to top