sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 25 Agst 2022 11:27 WIB

Cegah kerentanan, ini cara update pembaruan di perangkat Apple

Pembaruan ini diluncurkan Apple untuk menambal bug kernel dan webkit yang mempunyai potensi kerentanan keamanan di perangkat.

Cegah kerentanan, ini cara update pembaruan di perangkat Apple

Apple pekan lalu dilaporkan telah merilis sejumlah pembaruan sistem operasi yakni iOS 15.6.1, iPadOS 15.6.1 dan macOS Monterey 12.5.1. Ketiganya diluncurkan perusahaan untuk memperbaiki masalah bug kernel dan kerentanan Webkit yang ada di iPhone, iPad serta Macbook. 

Lewat pembaruan ini, Apple akan menambal bug kernel dan webkit yang berpotensi menimbulkan kerentanan keamanan di sejumlah perangkat besutan mereka. Apple mengungkap, masalah pada bug kernel dan webkit ini memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk mengeksekusi kode khusus dengan hak istimewa kernel dan telah dieksploitasi secara aktif. 

Perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino ini menyebut, pembaruan sistem operasi ini dihadirkan untuk mengatasi kerentanan keamanan yang mungkin telah dieksploitasi. Oleh karena itu, Apple menyarankan, pengguna harus melakukan pembaruan ini sesegera mungkin. 

Menurut Apple, pembaruan untuk perangkat iPhone, iPad dan Macbook ini direkomendasikan untuk semua pengguna perangkat tersebut. Pasalnya, pembaruan ini membahas dua kerentanan yang mungkin bakal dihadapi oleh pengguna perangkat besutannya. 

Selain dapat mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel, kerentanan ini juga terdapat pada WebKit, software yang mendukung browser Safari dan browser pihak ketiga di iOS. Perusahaan mengatakan, kerentanan ini dapat menyebabkan konten berbahaya mengeksekusi kode di perangkat secara langsung. 

Dilansir dari Cnet (25/8), berikut ini cara yang dapat pengguna terapkan untuk melakukan pembaruan di perangkat Apple miliknya. 

Pembaruan iOS dan iPadOS 15.6.1

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih ‘General’
  3. Ketuk ‘Pembaruan Software’
  4. Selanjutnya, pengguna akan disarankan untuk mengunduh dan menginstal pembaruan 15.6.1 pada perangkat. 

Pembaruan macOS Monterey 12.5.1

  1. Klik logo ‘Apple’ yang berada di pojok kiri atas layar 
  2. Pilih icon ‘System Preferences’
  3. Ketuk ‘Pembaruan Perangkat Lunak’ 
  4. Selanjutnya pilih icon ‘Perbarui Sekarang’. 

Demikian beberapa langkah yang dapat pengguna terapkan untuk menghadirkan pembaruan sistem operasi pada perangkat Apple miliknya. Demi keamanan perangkat, sebaiknya pengguna segera memperbarui sistem operasi di perangkat tersebut. 
 

Share
×
tekid
back to top