sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 09 Jul 2021 17:05 WIB

Cara menghapus dan menonaktifkan rekaman suara dari Google Asisstant

Voice Assistant akan menyimpan seluruh data suara dari pengguna. Ikuti langkah berikut untuk menghapus dan menonaktifkannya.

Cara menghapus dan menonaktifkan rekaman suara dari Google Asisstant
Source: Unsplash

Fitur Voice Assistant memang memudahkan kita untuk mengoperasikan perangkat cerdas yang kita miliki. Fitur ini kerap dijumpai di beberapa perangkat seperti laptop atau smartphone. Dengan adanya Voice Assistant, kita hanya perlu mengucapkan sesuatu untuk mengoperasikan perangkat tersebut agar dapat beroperasi sesuai kehendak kita. Cara kerja dari Voice Assistant ini membutuhkan aktivitas mengeluarkan suara untuk dapat memerintahkan fitur agar melakukan hal sesuai yang kita inginkan. 

Di sisi lain, Voice Assistant ini akan menyimpan seluruh data suara dari pengguna. Ini seperti fitur Google Assistant, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengoperasian perangkat melalui perintah suara. Tapi tahun 2019, dilansir dari Cnet (9/7), Google mengakui apabila suara yang keluar dari pengguna untuk mengoperasikan fitur asisten itu secara otomatis tengah direkam oleh perusahaan. Tak hanya itu, perusahaan juga mengakui apabila rekaman suara itu juga diawasi dan dianalisis oleh ahli untuk mengembangkan fitur dari Google Asistant.

Perekaman dan pengawasan seperti itu tentu dapat menganggu publik terkait privasi datanya. Kemudian perusahaan mengubah kebijakan perekaman tersebut, dengan menonaktifkan perekaman otomatis atas suara yang diterima Google Assistant kepada seluruh pengguna. Perusahaan mengubah kebijakannya dengan memberikan pilihan pada pengguna untuk mengaktifkan perekaman suara yang keluar.

Apabila Anda aktif menggunakan Google Assistant sebelum kebijakan itu keluar, Anda masih dapat menghapus rekaman suara yang digunakan untuk Google Assistant. Selain menghapus, Anda juga dapat memastikan untuk menonaktifkan perekaman suara di Google Assistant. Penghapusan dan penonaktifkan rekaman suara ini dapat dilakukan melalui PC atau ponsel, berikut caranya. 

Pertama, Anda harus membuka situs myactivity.google.com di perangkat dengan menggunakan akun Google yang Anda miliki. Setelah itu, Klik Aktivitas Web & Aplikasi lalu pilih Kelola Aktivitas. Setelah Anda memilih Kelola Aktivitas, Anda akan disajikan dengan dengan beberapa pengaturan terkait pengelolaan rekaman aktivitas anda dalam platform Google. 

Untuk menghapus rekaman suara, anda perlu untuk menuju ke Filter menurut tanggal & produk. Lalu anda akan ditawarkan dengan rentang waktu dari rekaman aktivitas yang ingin dihapus, kemudian Anda pilih rentang waktu tersebut sesuai kebutuhan. Setelah itu, Anda disajikan dengan daftar platform yang merekam aktivitas, lalu Anda tinggal pilih atau mencentang platform Assistant. Setelah itu, klik terapkan untuk mulai menghapus rekaman suara pada Google Assistant.

Kemudian untuk menonaktifkan perekaman suara dari fitur Google Asistant, pertama-tama Anda juga perlu untuk membuka situs myactivity.google.com dan masuk menggunakan akun Google Anda. Setelah itu, Anda klik Aktivitas Web & Aplikasi. Jika sudah masuk pada menu tersebut, Anda akan disajikan bilah menu aktivasi Sertakan Rekaman Audio. Untuk menonaktifkan perekaman suara dari platform Google, Anda cukup tidak mencentang bilah menu aktivasi Sertakan Rekaman Audio.

Share
×
tekid
back to top